Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Link Pendaftaran Mahasiswa Baru PTKIN, Mulai Februari hingga April 2022

Kementerian Agama merilis jadwal pendaftaran calon mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun 2022.
Gedung Kementerian Agama/kemenag.go.id
Gedung Kementerian Agama/kemenag.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Agama merilis jadwal pendaftaran calon mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) melalui dua jalur seleksi masuk, yakni Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk (UM) yang akan dimulai pada Februari.

"Proses pendaftaran jalur SPAN-PTKIN dilaksanakan mulai Februari hingga April 2022. Daftar program studi dan daya tampung SPAN-PTKIN dapat dilihat pada laman http://www.span-ptkin.ac.id," ujar Ketua Panitia SPAN UM PTKIN, Imam Taufiq dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (19/1/2021).

SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis.

Masing-masing PTKIN dapat menampung mahasiswa dari jalur penerimaan SPAN dengan kuota minimal 20 persen dan biaya pendaftaran ditanggung oleh pemerintah.

Sementara itu, UM-PTKIN dilaksanakan melalui ujian tulis berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE) secara bersama oleh 58 PTKIN (UIN, IAIN, STAIN) di Indonesia dan satu PTN dengan program studi keagamaan yang izin operasionalnya diterbitkan oleh Kementerian Agama RI.

Kuota dari jalur ujian masuk ini sebesar 40 persen dan biaya pendaftaran ditanggung peserta.

Adapun, 30 persen lainnya merupakan pelaksanaan dan pengelolaan penerimaan mahasiswa baru (PMB) di masing-masing perguruan tinggi dan 10 persen lainnya jadi kebijakan PTKIN.

"Kedua pola seleksi tersebut diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi," kata dia.

Imam menjelaskan, alur SPAN-PTKIN dimulai dengan pengisian dan verifikasi PDSS pada 7-28 Februari, pendaftaran 4-31 Maret, seleksi tahap I pada 4-7 April, seleksi tahap II pada 9-11 April, dan pengumuman pada 15 April.

Adapun, alur UM-PTKIN diawali pendaftaran dan pembayaran pada 25 April sampai 4 Juni 2022, pelaksanaan ujian tulis 14-17 Juni, dan pengumuman 30 Juni 2022.

"Proses pembukaan pendaftaran jalur UM-PTKIN diserahkan ke masing-masing PTKIN dan akan berakhir pada Juni 2022. Daftar program studi dan daya tampung UM-PTKIN dapat dilihat pada laman http://www.um-ptkin.ac.id," kata Imam.

Khusus untuk jalur UM-PTKIN materi yang akan diujikan memuat potensi akademik, kemampuan bahasa, kemampuan keislaman dan moderasi beragama, dan kemampuan IPA/IPS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper