Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tata Cara Tayamum Lengkap dengan Syarat dan Bacaan Niatnya

Tayamum adalah salah satu cara untuk bersuci. Berikut tata cara tayamum dan syarat, serta niatnya.
Ilustrasi/Pexels.com
Ilustrasi/Pexels.com

Bisnis.com, SOLO - Umat Islam diperbolehkan untuk bertayamum sebagai pengganti berwudu guna bersuci. Untuk itu, penting bagi Anda guna mengetahui tata cara tayamum.

Namun, sebelumnya Anda juga harus memahami syarat diperbolehkannya tayamum. Pasalnya, tayamum itu sendiri hanya diizinkan jika Anda berada dalam keadaan tertentu.

Berikut adalah syarat, tata cara, niat, dan doa setelah bertayamum.

Syarat tayamum

  1. Sudah masuk waktu salat, tetapi tidak ada air yang cukup atau jumlah air sedikit dan lebih dibutuhkan untuk menyambung hidup (minum).
  2. Sedang sakit atau memperlambat sembuh dari sakit bila menggunakan air.
  3. Kondisi yang sangat dingin dengan persyaratan tertentu.

Adapun anjuran untuk bertayamum ini tertuang dalam Alquran surat Al-Maidah ayat 6, yang mana artinya:

"... dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air [kakus] atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik [bersih]; sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur."

Tata cara tayamum

  1. Siapkan tanah atau debu. Boleh menggunakan debu yang berada di tembok, kaca, atau tempat lain yang dirasa bersih.
  2. Disunahkan menghadap kiblat.
  3. Letakkan kedua telapak tangan pada debu dengan posisi jari-jari kedua telapak tangan dirapatkan.
  4. Baca basmallah dan niat tayamum.
  5. Usapkan kedua telapak tangan pada seluruh wajah cukup dengan satu kali menyentuh debu. Dianjurkan untuk meratakan debu pada seluruh bagian wajah.
  6. Selanjutnya letakkan kembali telapak tangan pada debu dengan jari direnggangkan.
  7. Tempelkan telapak tangan kiri ke punggung tangan kanan. Ujung-ujung jari dari salah satu tangan tidak melebihi ujung jari telunjuk dari tangan yang lain.
  8. Usapkan telapak tangan kiri ke punggung lengan kanan sampai ke bagian siku. Lalu, balikkan telapak tangan kiri ke lengan kanan dan ratakan hingga ke pergelangan.
  9. Usapkan bagian jempol kiri ke jempol kanan dan lakukan hal sama pada bagian kirinya. Pertemukan kedua telapak tangan dan usap-usap di antara jari-jarinya.

Niat tayamum

Nawaytu tayammuma li istibaakhati sholati lillahi ta'ala
Artinya: Aku berniat tayamum agar diperbolehkan sholat karena Allah.

Doa setelah tayamum

Asyhadu an laa Ilaaha illalloh wahdahu laa syariika lahu. Wa asyhadu anna Muhammadan 'abduhu wa rasuuluhu. Allahummaj'alni minat tawwaabiina, waj'alni minal mutatohhirina, waj'alni min 'ibaadikas sholihiina. Subhanaka allahumma wa bihamdika astagfiruka wa atuubu ilaika.

Artinya: Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah semata yang tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bertaubat, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bersuci, dan jadikanlah aku sebagai hamba-hamba-Mu yang saleh. Mahasuci Engkau, ya Allah. Dengan kebaikan-Mu, aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Engkau. Dan dengan kebaikan-Mu, aku memohon ampunan dan bertaubat pada-Mu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper