Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sentil Parpol Lain, Megawati Sebut Aset PDIP Bukan Milik Pribadinya

Kantor partai adalah milik partai, bukan perorangan. Hal ini berbeda dengan masa lalu, atau praktik masa kini oleh parpol lain.
Peresmian Sekolah Partai Lenteng Agung - Senin, 23 Agustus 2021
Peresmian Sekolah Partai Lenteng Agung - Senin, 23 Agustus 2021

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyatakan tak ada aset milik partai yang boleh dialihkan sebagai milik pribadi, termasuk dirinya sendiri. Kantor-kantor PDIP adalah milik partai sepenuhnya.

Hal itu diungkap Megawati saat meresmikan 10 gedung kantor partai baru yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Megawati mengaku dirinya, sebagai ketua umum partai, merasa sangat gembira dengan peresmian yang disimbolisasikan dengan penandatanganan prasasti.

Pada gelombang kali ini, yang ditandatangani adalah 8 kantor DPC setingkat kabupaten/kota, sebuah gedung serbaguna yang diurusi DPD PDIP Banten dan kantor partai di Lentengagung Jakarta Selatan yang diubah menjadi gedung Sekolah Partai.

Dikatakan, kantor partai adalah milik partai, bukan perorangan. Tentu saja ini berbeda dengan pada masa lalu, atau praktik masa kini oleh parpol lain.

PDIP memang memelopori partai politik dibangun secara struktural sebagai institusi demokrasi, dan bukan 'milik pribadi politisi'.

"Tempat ini bukanlah tempat perorangan, tapi merupakan aset partai. Keseluruhan daripada aset PDI Perjuangan adalah milik PDI Perjuangan, sehingga nantinya juga melalui proses, akan diberikan kepada DPP partai," kata Megawati mengutip keterangan tertulis Senin (23/8/2021).

"Dengan mengucapkan bismillah, saya akan menandatangani, dan saya mengucapkan beribu terima kasih kepada seluruh warga PDI Perjuangan dimanapun berada, marilah terus kita bangun partai kita yang kita sayangi dengan mewujudkan rumah-rumah partai yang juga saya sebut adalah rumah rakyat," tegas Megawati.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto juga menyatakan hal senada. Dia menyebut kantor PDIP di seluruh Indonesia adalah harta abadi yang dimiliki oleh partai.

"Ini tidak boleh diperjualbelikan, ini melekat sebagai harta abadi yang dimiliki oleh partai," katanya.

Di acara peresmian itu, baik Megawati dan Hasto hadir secara virtual. Megawati didampingi oleh Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga.

Sementara, para Ketua DPP PDIP hadir secara fisik di gedung Sekolah Partai di Lenteng Agung. Yakni Djarot Saiful Hidayat, Komarudin Watubun, Ribka Tjiptaning, dan Sri Rahayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper