Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Apresiasi Kinerja BNPB Dalam Penanganan Bencana pada 2020

Pada 2020 terjadi 3.253 bencana atau sekitar 9 bencana terjadi setiap harinya. Indonesia menjadisalah satu negara yang paling rawan bencana alam.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  14:39 WIB
Presiden Joko Widodo pada acara peresmian PT Bank Syariah Indonesia Tbk. di Istana Negara, Jakarta, Senin 1 Februari 2021 / Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo pada acara peresmian PT Bank Syariah Indonesia Tbk. di Istana Negara, Jakarta, Senin 1 Februari 2021 / Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang telah mendedikasikan seluruh tenaga dan waktu menangani bencana yang terjadi di Indonesia.

Pasalnya, selama 2020 terjadi 3.253 bencana atau sekitar 9 bencana terjadi setiap harinya dan hal itu menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang paling rawan bencana alam.

“Pengalaman ini harus kita jadikan sebagai momentum untuk memperkokoh ketangguhan kita dalam menghadapi segala bentuk bencana,” katanya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021, Rabu (3/3/2021).

Lebih lanjut, kepala negara juga menyampaikan bahwa kunci utama dalam mengurangi risiko jatuhnya korban akibat bencana terletak pada aspek pencegahan dan mitigasi.

Menurutnya, antisipasi yang betul-betul dipersiapkan dengan baik sehingga ketika terjadi bencana, pihak-pihak yang terlibat dalam penanggulangannya menjadi panik dan tindakannya hanya reaktif.

“Kita harus mempersiapkan diri dengan antisipasi yang betul-betul terencana dengan baik, detail. Karena itu kebijakan nasional dan kebijakan daerah harus sensitif terhadap kerawanan bencana,” ujar Jokowi.

Indonesia, sambungnya, seharusnya lebih tanggap atas kerawanan bencana karena telah memiliki Rencana Induk Penanggulangan Bencana 2020-2024 yang tertuang dalam Perpres No.87/2020.

Beleid tersebut, kata Presiden, berisikan grand design yang harus bisa dituangkan dalam wujud kebijakan-kebijakan atau perencanaan taktis ihwal antisipasi serta penanggulangan bencana.

Adapun, BNPB mencatat sebanyak 644 bencana alam terjadi di Indonesia selama Januari-Februari 2021.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi bnpb bencana alam
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top