Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Niat Puasa Senin Kamis, Simak Arti dan Manfaatnya!

Salah satu puasa Sunnah yang dikerjakan langsung oleh Nabi Muhammad Saw adalah puasa Senin Kamis. Berikut niat puasa Senin Kamis beserta artinya.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 09 Februari 2021  |  14:07 WIB
Niat Puasa Senin Kamis, Simak Arti dan Manfaatnya!
Ilustrasi Puasa - Husin Parapat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi umat Muslim, ibadah puasa bukan hanya dilaksanakan saat bulan Ramadhan. Melainkan, ada pula puasa Sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW. Salah satu puasa Sunnah yang dikerjakan langsung oleh Nabi Muhammad SAW adalah puasa Senin Kamis.

Puasa Senin Kamis berbeda dengan puasa di bulan Ramadhan yang merupakan ibadah wajib. Seseorang yang berpuasa sunnah Senin Kamis akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Namun, mereka tidak akan berdosa jika tidak dilakukan sebab bukan sesuatu yang wajib.

"Bahwasanya Nabi Muhammad Saw lebih sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Amalan-amalan manusia diajukan kepada Allah setiap hari Senin dan Kamis, maka saya senang apabila amalan saya (pada hari tersebut) dan saya berpuasa pada hari tersebut." Diriwayatkan dari Abu Hurairah (HR. Ahmad) seperti dikutip, Selasa (9/2/2021).

Dari hadis di atas, disimpulkan bahwa Nabi Muhammad SAW sering melakukan puasa hari Senin dan Kamis. Sebab pada dua hari tersebut, amalan-amalan manusia diajukan kepada Allah SWT. Demikian seperti yang dikutip dari laman tarjih.or.id, Selasa (9/2/2021).

Bagi Anda yang ingin mengerjakan amalan-amalan puasa Senin Kamis, maka hal yang perlu dilakukan adalah membaca niat. Berikut bacaan niat puasa Senin Kamis beserta artinya: 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

islam Puasa
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top