Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ada Perpres Baru, PNS yang Jadi Anggota Baznas Wajib Mundur Sementara

Presiden Jokowi menandantangani Perpres No.104/2020 tentang Hak Keuangan Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota, Badan Amil Zakat Nasional.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 19 November 2020  |  13:23 WIB
PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. - Antara
PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua, wakil ketua, dan anggota Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) akan diberhentikan sementara sebagai PNS.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2020 tentang Hak Keuangan Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota, Badan Amil Zakat Nasional.

Ayat 2 Pasal 4 Perpres tersebut menyebutkan bahwa PNS yang telah diberhentikan karena menjabat sebagai Baznas tidak mendapatkan penghasilan sebagai PNS. Namun mereka mendapatkan hak keuangan sebagaimana diatur di dalam Perpres tersebut.

Selanjutnya, Pasal 8 mengatur bahwa khusus untuk anggota Baznas masa kerja 2015-2020 yang berstatus sebagai PNS dan belum diberhentikan sementara dari status PNS, tidak diberikan hak keuangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2. Mereka tetap dapat melaksanakan tugas hingga akhir masa kerja atau sampai dengan diberhentikan atau mengundurkan diri.

Adapun, berdasarkan Pasal 1, ketua, wakil ketua, dan anggota Baznas diberikan hak keuangan setiap bulan. Ketua mendapatkan hak sebesar Rp31,46 juta, wakil ketua Rp27,09 juta, dan anggota Rp24,02 juta.

Sementara itu, pajak penghasilan atas hak keuangan ketua, wakil ketua, dan anggota Baznas dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selanjutnya, tata cara pembayaran dan penghentian pembayaran hak keuangan ketua, wakil ketua, dan anggota dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Hal tersebut diatur dalam Pasal 5 Perpres 104/2020.

Perpres tersebut mulai berlaku sejak ditandangani Presiden Jokowi pada tanggal 26 Oktober 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi perpres pns baznas
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top