Tekan Persebaran Hoaks, Tim Cek Fakta Gabungan Pantau Konten Digital

Tim Cek Fakta yang merupakan gabungan dari beberapa elemen seperti Asosiasi Media Siber Indonesia atau AMSI, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Mafindo, serta Google Initiative melakukan monitor dan pengecekan fakta selama berlangsungnya pemilihan umum, 16-17 April 2019.
Kahfi
Kahfi - Bisnis.com 17 April 2019  |  14:16 WIB
Tekan Persebaran Hoaks, Tim Cek Fakta Gabungan Pantau Konten Digital
Tim Cek Fakta Mafindo tengah berbincang saat pemantauan konten digital, Rabu(17/4/2019)/JIBI - Bisnis/Kahfi

Bisnis.com, JAKARTA- Tim Cek Fakta yang merupakan gabungan dari beberapa elemen seperti Asosiasi Media Siber Indonesia atau AMSI, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Mafindo, serta Google Initiative melakukan monitor dan pengecekan fakta selama berlangsungnya pemilihan umum, 16-17 April 2019.

Lokasi pelaksanaan cek fakta di Gedung Energi, SCBD, Jakarta. Dalam rangkaian cek fakta ini, data dan laporan juga dikumpulkan dari berbagai jaringan AMSI di daerah.

Media-media anggota AMSI yang ikut berpartisipasi dalam cek fakta tersebut antara lain Bisnis.com, Tempo.co, Antara, Kontan.co, serta Grup Kabar Indonesia. Jaringan daerah AMSI yang terbagi beberapa regional itu tersebar meliputi Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur.

Khusus cek fakta selama pemungutan suara, metode cek fakta yang digunakan yaitu merekam jejak digital yang viral serta mengandung muatan politis terkait Pemilu 2019. Rekam digital tersebut kemudian diperiksa oleh para volunteer dari kalangan mahasiswa, serta mesti melalui tahap verifikasi oleh para awak media bertugas.

Tim cek fakta, sebelumnya juga terlibat dalam pemantauan arus informasi, data, dan fakta selama debat Paslon Pilpres. Dalam lima kali ajang debat, Tim Cek Fakta berupaya melindungi publik dari informasi sesat, klaim palsu, ataupun kebenaran kualitatif dan kuantitatif yang disebut-sebut kontestan debat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pemilu 2019, Fact or Fake

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top