Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keterangan Lengkap Anies Baswedan Usai Batal Maju Pilkada 2024

Anies Baswedan memberikan keterangan usai keputusan batalnya maju dalam kontestasi politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai menjadi narasumber di acara pendidikan partai Nasdem, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2024). JIBI/Anshary Madya Sukma
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai menjadi narasumber di acara pendidikan partai Nasdem, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2024). JIBI/Anshary Madya Sukma

Bisnis.com, JAKARTA - Anies Baswedan memberikan keterangan usai keputusan batalnya maju dalam kontestasi politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Anies mengucapkan selamat kepada para pasangan calon (paslon) yang telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umun (KPU) dan memulai menjalani pemeriksaan kesehatan. 

Hal ini diungkapkan Anies kepada para wartawan, sebelum salat Jumat hari ini (30/8/2024) usai dirinya tidak maju di Pilgub DKI Jakarta dan Jawa Barat. 

"Saya ingin menyampaikan selamat saja kepada mereka-mereka yang hari ini mulai menjalani periksa kesehatan, mulai dari proses, mudah-mudahan berjalan lancar, demokrasinya juga nanti berjalan dengan baik," tutur Anies. 

Kemudian, Anies mengatakan bahwa dia akan menyampaikan secara khusus terkait rencana-rencana kedepan, berbagai langkah yang akan dikerjakan dan semua hal yang telah dikerjakan. 

"Tapi yang jelas, kita ingin agar suasa demokrasi kita ini sehat. Apa yang menjadi aspirasi rakyat tercermin di dalam apa yang disimpulkan oleh keputusan-keputusan elit," jelas Anies. 

Kemudian, kala dikonfirmasi oleh wartawan bahwa apakah ia akan beranjak ke Bandung, Anies menjelaskan bahwa masih ada urusan yang perlu dikerjakan di Jakarta sehingga tidak dapat pergi. 

Berikut keterangan lengkap Anies Baswedan usai batal maju Pilkada 2024:

Setelah pengumuman kemarin yang ditunggu-tunggu dan ada yang sedih, terkejut, kira-kira aktivitas bapak ke depan akan disibukkan dengan apa?

"Ya gini, saya ingin menyampaikan selamat saja kepada mereka-mereka yang hari ini mulai menjalani periksa kesehatan, mulai dari proses, mudah-mudahan berjalan lancar, demokrasinya juga nanti berjalan dengan baik.

Nanti saya akan sampaikan khusus terkait dengan rencana kedepan, langkah-langkah apa yang akan dikerjakan dan semua hal-hal yang menyangkut apa yang sudah dikerjakan, yang mau dikerjakan nanti saya sampaikan secara khusus

Tapi yang jelas, kita ingin agar suasa demokrasi kita ini sehat. Apa yang menjadi aspirasi rakyat tecermin di dalam apa yang disimpulkan oleh keputusan-keputusan elit."

Kemarin kan bapak sempat bilang sepekan terakhir ini benar-benar dinamis dari mulai putusan, koalisi-koalisi sampai akhirnya terakhir pendaftaran, perasaan bapak setelah wara-wiri ini selesai?

"Oh iya, saya ini menjalani ini semua itu sebagai satu perjalanan spiritual yang dinikmati, disyukuri apapun outcome-nya itu pasti Allah berikan yang terbaik.

Jadi ketika kemudian hasil yang kita saksikan seperti sekarang, ya saya yakin ini pasti yang terbaik."

Pesan ke pendukung bapak yang berharap?

"Pokoknya buat kita semua kita terus jaga suasana yang saling menghormati, menghargai suasana teduh tenang dan kita ingin ada proses demokrasi ini berujung kepada manfaat untuk rakyat bukan manfaat untuk segelintir orang bukan bermanfaat untuk elite."


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper