Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Israel Benny Gantz Mundur, Sinyal Waspada bagi Kabinet Netanyahu

Benny Gantz, Menteri Israel dalam kabinet perang Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, mengundurkan diri. Sinyal waspada bagi Netanyahu.
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu./Reuters-Ammar Awad
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu./Reuters-Ammar Awad

Bisnis.com, JAKARTA — Benny Gantz, Menteri Israel dalam kabinet perang Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, mengundurkan diri pada Minggu (9/6/2024). Hal itu menjadi sinyal waspada bagi kabinet darurat Netanyahu.

Dilansir Reuters, Senin (10/6/2024), Gantz menilai Netanyahu telah mencegah Israel maju menuju kemenangan sejati. Alasannya, langkah politis telah mengaburkan keputusan strategis yang menentukan dalam kabinet PM Israel tersebut.

Namun, Gantz mengakui pengunduran diri saat para sandera masih berada di Gaza dan tentara masih bertempur di Palestina merupakan keputusan yang sangat menyakitkan. Apalagi, Gantz, sebagai seorang mantan jenderal, bergabung dengan kabinet perang Netanyahu sesaat setelah serangan Hamas terjadi pada 7 Oktober.

Gantz bersama Netanyahu sebagai PM Israel dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant merupakan anggota yang mempunyai hak suara dalam kabinet perang ‘darurat’.

“Saya mendapat kehormatan bersama teman-teman saya untuk membawa semua pengalaman yang kami miliki ke Kabinet. Saya tahu bahwa orang-orang lain yang tinggal terutama Yoav Gallant dan Perdana Menteri [Netanyahu] sendiri tahu apa yang harus dilakukan. Mudah-mudahan mereka akan tetap berpegang pada apa yang mereka lakukan, harus dilakukan dan semuanya akan baik-baik saja," jelas Gantz dalam konferensi pers.

Pada Mei lalu, Gantz telah memberikan kepada Netanyahu tenggat waktu pada 8 Juni untuk menghasilkan strategi pascaperang yang jelas bagi Gaza. Namun, Netanyahu langsung menepis ultimatum tersebut.

DAMPAK MUNDURNYA GANTZ

Berdasarkan laporan Reuters, pengunduran diri Gantz, yang juga berarti berpalingnya partai garis tengah, tidak akan menimbulkan ancaman langsung terhadap pemerintah Israel. Namun, pengunduran diri Gantz disebut bisa menimbulkan dampak yang serius.

Pasalnya, tanpa Gantz dan aliansi garis tengah, Netanyahu akan bergantung pada kelompok garis keras di tengah situasi tanpa adanya tanda-tanda berakhirnya perang di Gaza. Sebaliknya, ada kemungkinan terjadi peningkatan pertempuran dengan Hizbullah Lebanon.

“Hal ini kemungkinan akan meningkatkan ketegangan yang sudah terlihat dalam hubungan dengan AS dan mengintensifkan tekanan publik di dalam negeri, karena perang masih belum mencapai tujuan yang telah ditetapkan–penghancuran Hamas dan kembalinya lebih dari 100 sandera yang tersisa di Gaza,” tulis Reuters.

Adapun setelah mengumumkan pengunduran dirinya, Gantz mendesak Netanyahu untuk menyetujui tanggal pemilu pada musim gugur. Permintaan itu diajukan untuk menghindari pertikaian politik lebih lanjut pada saat darurat nasional.

“Jajak pendapat menunjukkan Gantz adalah saingan politik paling tangguh bagi perdana menteri.”

Sementara itu, Netanyahu menanggapi pengunduran diri Gantz dalam sebuah unggahan di media sosial. Dia mengatakan kepada Gantz bahwa saat ini bukan waktunya untuk meninggalkan medan pertempuran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper