Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Magnitudo 5,0 Guncang NTT, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi berkekuatan 5,0 magnitudo mengguncang wilayah Laut Banda, Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Gerakan seismograf saat gempa bumi/khaleejtimes
Gerakan seismograf saat gempa bumi/khaleejtimes

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi berkekuatan 5,0 magnitudo mengguncang wilayah Laut Banda, Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan gempa bumi ini berlokasi di laut pada jarak 123 Km Timur Laut Alor, NTT pada kedalaman 503 km.

"Hari Selasa 16 April 2024 pukul 10.07.15 WIB wilayah Laut Banda, Alor, Nusa Tenggara Timur diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,0," ujarnya dalam keterangan, Selasa (16/4/2024).

Dia menambahkan, pihaknya telah telah melakukan pengecekan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter. Hasilnya, BMKG menyimpulkan bahwa gempa bumi ini terjadi akibat adanya aktivitas deformasi slab Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi ke bawah NTT.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser turun oblique normal," tambahnya.

Adapun, gempa bumi ini berdampak di Alor Timur, Alor Timur Laut dan Lembur dengan skala intensitas II MMI. Artinya, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Daryono.

Sementara itu, Daryono juga menuturkan hingga pukul 10.22 WIB, monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Dia juga mengimbau, kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper