Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keistimewaan Membaca Alquran saat Malam Nuzulul Qur’an

Bagi umat islam yang membaca alquran pada malam nuzulul qur’an akan mendapatkan petunjuk dari Allah.
Ilustrasi berdoa setelah membaca Al-Quran/nu.or.id
Ilustrasi berdoa setelah membaca Al-Quran/nu.or.id

Bisnis.com, JAKARTA - Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa turunnya alquran kepada Nabi Muhammad saw yakni pada 17 Ramadan. Banyak keutamaan untuk umat islam yang membaca alquran pada malam nuzulul qur’an. 

Dilansir dari nu.or.id, alquran diturunkan oleh Allah swt di kota Mekkah dan Madinah dapat terlihat dari pembagian surat yakni Makkiyah dan Madaniyah. 

Simak 5 keistimewaan membaca alquran pada malam nuzulul Qur'an:

1. Mendapatkan pedoman dan petunjuk hidup dari Allah swt

Setiap kehidupan yang dijalani pasti terdapat masalah didalamnya, ketika ingin membuat keputusan dari masalah yang terjadi sebagai manusia membutuhkan pedoman agar apa yang akan diputuskan tidak salah dan tidak memberatkan memberatkan orang lain.

Bagi umat islam yang membaca alquran pada malam nuzulul qur’an akan mendapatkan pedoman atau petunjuk dari Allah swt dalam hidupnya. Allah swt menurunkan alquran kepada hambanya agar dijadikan sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan yakni agar dapat membedakan antara yang baik dan buruk. 

Allah swt telah berfirman

‎شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ 

Artinya:

Bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil), (Al-Baqarah/2: 185). 

2. Menenangkan jiwa dan pikiran

Memikirkan dan mengerjakan hal-hal yang berbau duniawi yakni seperti pekerjaan, terkadang dapat menimbulkan kelelahan fisik dan pikiran sehingga berdampak pada jiwa manusia yakni akan menciptakan perasaan yang tidak tenang dalam menjalani kehidupan.

Di dalam buku yang berjudul alquran The Healing Book, Ir. Abduldaem Al-Kaheel menjelaskan bahwa bagi seseorang yang membaca alquran dapat merasakan ketenangan hati hingga menyembuhkan kelelahan psikis dan fisik. 

Rasulullah Saw bersabda:   

‎وَما اجْتَمع قَوْمٌ في بَيْتٍ مِن بُيُوتِ اللهِ، يَتْلُونَ كِتَابَ اللهِ، وَيَتَدَارَسُونَهُ بيْنَهُمْ، إِلَّا نَزَلَتْ عليهمِ السَّكِينَةُ 

Artinya:

Tidaklah suatu kaum berkumpul di antara rumah-rumah Allah sambil membaca Kitabullah, dan saling mempelajari di antara mereka. Kecuali akan turun kepada mereka ketenangan, dan diberikan rahmat serta malaikat akan menaunginya. Dan mereka akan diingat di sisi Allah (HR. Muslim: 4867). 

3. Memberikan syafaat ketika hari kiamat

Datangnya hari kiamat hanya Allah yang tahu, namun hari itu pasti akan terjadi. Ketika hari itu tiba seluruh dunia akan hancur berkeping-keping untuk itu diperlukan persiapan yakni dapat dilakukan melalui ibadah, salah satunya membaca alquran.

Bagi umat islam yang membaca alquran baik pada saat nuzulul qur’an atau hari-hari lainnya kelak dihari kiamat akan mendapatkan syafaat atau pertolongan.

Rasulullah Saw bersabda:   

 ‎اقْرَأُوا القُرْآنَ فإنَّه يَأْتي يَومَ القِيامَةِ شَفِيعًا لأَصْحابِهِ 

Artinya: 

Bacalah Alquran, sesungguhnya ia pada hari Kiamat akan datang memberi syafaat kepada pembacanya (HR Muslim: 1337).

4. Sebaik-baiknya ibadah

Banyak ibadah yang dapat dilakukan oleh umat islam yakni seperti salat, zakat, dan puasa. Namun, ibadah yang paling yang paling baik diantara ibadah lainnya yakni membaca alquran.

Diriwayatkan an-Nu’man Ibnu Basyir

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَفْضَلُ عِبَادَةِ أُمَّتِي قِرَاءَةُ الْقُرْآنِ     

Artinya: 

Rasulullah Saw bersabda, “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca alquran.” (HR. al-Baihaqi).

5. Mendapatkan pahala berlipat ganda

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat suci dan berbeda dari bulan lainnya yakni pada bulan ini semua ibadah yang dilakukan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah swt, salah satunya yaitu membaca alquran.

Hadits yang diriwayatkan Abdullah Ibnu Mas’ud, bagi orang yang membaca alquran Allah swt akan memberikan satu pahala kebaikan dari setiap huruf yang dibaca, lalu dari satu kebaikan yang diberikan akan dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan.

Rasulullah Saw bersabda:   

عن عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ 

Artinya:

Dari Abdullah Ibnu Mas‘ud, Rasulullah Saw bersabda, "Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur'an), maka dia akan memperoleh satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan dengan sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim (sebagai) satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mim satu huruf’’, (HR. At-Tirmidzi: 2835).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper