Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Rekapitulasi Nasional: Prabowo Raih 71,11% Suara di Sultra, Ganjar Hanya 5,79%

Penetapan itu dilakukan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (13/3/2024).
Kolase Calon Presiden saat menggunakan surat suara pada Pemilu 2024
Kolase Calon Presiden saat menggunakan surat suara pada Pemilu 2024

Bisnis.com, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebagai peraih suara terbanyak di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam ajang Pemilu 2024.

Penetapan itu dilakukan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat pada Rabu (13/3/2024).

Untuk pemilihan presiden, hasil rekapitulasi suara menunjukkan Prabowo-Gibran memperoleh 1.113.344 suara. Jumlah itu setara dengan 71,11% suara sah dalam Pilpres 2024 di Sultra.

Sementara paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengikuti dengan 361.585 suara atau setar 23,09% suara sah. 

Paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md berada di urutan paling bawah dengan meraih 90.727 suara. Jumlah itu setara dengan 5,79% dari total suara sah di Sultra.

Adapun, KPU mencatat jumlah suara sah mencapai 1.565.656, sedangkan suara tidak sah sebesar 25.263. Secara total, ada 1.590.919 warga Sultra yang gunakan hak pilihnya dalam ajang Pilpres 2024.

Hingga berita ini dituliskan, KPU telah mengesahkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional Pemilu 2024 di 18 provinsi.

Selain Sultra, paslon Prabowo-Gibran juga mendominasi perolehan suara di 17 provinsi lain yang rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suaranya telah disahkan KPU. 

Provinsi tersebut terdiri dari DI Yogyakarta, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Lampung, Bali, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa tengah, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Banten dan Kalimantan Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper