Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rutan KPK, Bareskrim hingga Polda Metro Jaya "All in Prabowo-Gibran"

Prabowo-Gibran mendominasi suara terbanyak di Rumah Tahanan, Bareskrim, Polda Metro Jaya hingga KPK.
Tahanan KPK/Antara
Tahanan KPK/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendominasi suara terbanyak di Rumah Tahanan, Bareskrim, Polda Metro Jaya hingga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Berdasarkan catatan Bisnis, paslon yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu selalu memuncaki posisi suara terbanyak di TPS tiga Rutan tersebut. Kemudian, untuk posisi kedua Ganjar-Mahfud hanya unggul di TPS rutan Polda Metro Jaya.

Sementara itu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berada di posisi kedua dalam dua rutan berbeda, yakni Gedung Merah Putih KPK dan Bareskrim Polri.

1. TPS Rutan Gedung Merah Putih KPK

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara di TPS 901, Yuri Gunarto menyampaikan pemilih di Rutan KPK telah memilih Prabowo-Gibran dengan torehan angka 38 suara.

"Anies 24 suara, Prabowo 38 suara, Ganjar 9 suara dan tidak sah 5 ya," ujar Yuri di Rutan KPK, Rabu (14/2/2024).

Jumlah tersebut diikuti, paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan perolehan 24 suara dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 9. Sementara, TPS di Rutan KPK ini mencatat 5 suara tidak sah.

Kabag pemberitaan KPK RI, Ali Fikri menuturkan dari total suara di Rutan Gedung Merah Putih, hanya 60 tahanan yang telah melakukan pencoblosan. Sisanya, merupakan petugas Rutan KPK hingga warga sekitar.

"KPK berkomitmen menjamin hak-hak dasar bagi para tahanan sebagai warga negara sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 30 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM) Pasal 43," tutur Ali.

Adapun, sejumlah nama tersohor yang dijerat kasus korupsi telah melakukan pencoblosan di Rutan KPK. Misalnya, eks Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Hanya saja, dia tidak terlihat mengenakan rompi KPK seperti dua rombongan di Rutan Guntur maupun di Gedung Pusat Edukasi Anti Korupsi atau C1.

Dalam rombongan yang sama, sebelumnya eks Pejabat Pajak Rafael Alun Trisambodo juga ikut mencoblos di TPS KPK. Selain Alun, ada juga nama tahanan tersohor lain yang coblos di Rutan KPK yaitu Hakim Agung non-aktif Gazalba Saleh, Sekretaris MA non-aktif Hasbi Hasan hingga Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono.

Satu rombongan dengan SYL, sejumlah tokoh yang terjerat kasus dugaan korupsi itu sama-sama mengenakan pakaian rapi dengan kemeja putih dan celana panjang hitam.

Sebaliknya, dua rombongan lain yaitu Rutan C1 dan Pomdam Jaya Guntur para tahanan mengenakan rompi oranye saat melakukan pencoblosan.

Dalam rombongan tersebut, Eko Darmanto selaku eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta telah melakukan pencoblosan di rutan KPK.

Kemudian, eks Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kemnaker RI 2011-2015 sekaligus anak buah Cak Imin kala itu, Reyna Usman.

Selain itu, ada juga mantan Sekjen Kementerian Pertanian, Kasdi Subagyono, Pejabat Pembuat Komitmen Pengadaan Sistem Proteksi TKI TA 2012, I Nyoman Darmanta (IND).

Menariknya, dalam rombongan tersebut ada tahanan KPK yang terang-terangan mengacungkan pose dua jari khas paslon 02 Prabowo-Gibran yakni Kristian Wuisang.

2. Bareskrim Polri

Kepala Bagian Tahanan dan Barang Bukti (Kabag Tahti) Bareskrim Polri Kombes Gatot Agus Budi Utomo memastikan semua tahanan yang mempunyai hak pilih telah ikut melakukan pencoblosan.

Perinciannya, Prabowo-Gibran telah mendominasi dengan berhasil meraup 60 suara di Rutan Bareskrim Polri. Diikuti paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebanyak 27 suara.

Sementara, paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD hanya mampu meraih sebanyak 7 suara.

"Hasil penghitungan suara di TPS 901 Rutan Bareskrim, Paslon 01 sebanyak 27 suara, paslon 02 ada 60 suara, paslon 03 sejumlah 7 suara dan 1 suara tidak sah," kata Gatot kepada wartawan, Rabu (14/2/2024).

3. Dua Rutan di Polda Metro Jaya

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di dua TPS lokasi khusus yang disediakan Polda Metro Jaya untuk tahanan kriminal umum dan khusus hingga narkoba.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menyampaikan pihaknya telah menyiapkan dua TPS loksus yang sesuai dengan aturan berlaku.

"Pelaksanan pencoblosan surat suara, Polda Metro Jaya sesuai SOP yg berlaku dan tetap berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu sesuai dengan ketentuan yang berlaku sesuai Di dalam Keputusan KPU Nomor 66 Tahun 2024 diatur soal ketentuan lokasi TPS," kata Ade Ary kepada wartawan, Rabu (14/2/2024).

Berdasarkan dokumentasi dari TPS 901 untuk tahanan krimum dan krimsus, pasangan nomor urut dua itu meraih suara sebanyak 92. Diikuti, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebanyak 16 suara.

Sementara itu, Ganjar Pranowo-Mahfud MD hanya mampu meraup 11 suara dan dalam TPS ini terdapat 4 suara yang dinyatakan tidak sah.

Kemudian, di TPS 902 untuk tahanan narkoba Polda Metro Jaya, Prabowo-Gibran mendominasi dengan mengantongi sebanyak 53 suara.

Adapun, Ganjar-Mahfud 16 suara dan posisi paling buncit diisi oleh Anies-Imin sebesar 8 suara, sementara 4 suara dinyatakan tidak sah di TPS ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper