Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bunyi Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka serta Makna dan Contohnya

Tri Satya pramuka dan Dasa Darma pramuka mempunyai pengertian yang berbeda. Ini bunyi Tri Satya dan Dasa Darma pramuka, makna dan contohnya.
Ini Bunyi Tri Satya, Dasa Darma Pramuka, Isi, Makna, Beserta Contoh. Ilustrasi anggota pramuka./Bisnis-Istimewa
Ini Bunyi Tri Satya, Dasa Darma Pramuka, Isi, Makna, Beserta Contoh. Ilustrasi anggota pramuka./Bisnis-Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tri Satya Pramuka dan Dasa Darma mempunyai pengertian yang berbeda. Tri Satya dan Dasa Darma pramuka merupakan dua kode kehormatan dan memiliki peran berbeda dalam gerakan kepramukaan.

Tri Satya Pramuka berasal dari dua kata, yaitu Tri yang mempunyai makna tiga, sedangkan Satya berarti kesetiaan. Jadi, Tri Satya pramuka adalah tiga janji kesetiaan yang harus dijalankan oleh anggota pramuka dengan segenap hati.

Pengertian Tri Satya pramuka merupakan tiga janji yang menjadi dasar anggota Pramuka dalam menjalankan tugasnya. Sementara, pengertian Dasa darma pramuka adalah sepuluh tuntutan moral yang menjadi pedoman anggota Pramuka dalam menjalani hidupnya.

Bunyi Tri Satya Pramuka

Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh:

  1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila
  2. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat
  3. Menepati Dasa Darma

Isi Tri Satya Pramuka

  1. Janji pertama: Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila
  2. Janji kedua: Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat
  3. Janji ketiga: Menepati Dasa Darma

Makna Tri Satya Pramuka

Tri satya merupakan janji kesetiaan yang harus dipegang teguh oleh anggota pramuka sebagai bentuk pengabdian mereka kepada Tuhan, negara, bangsa, masyarakat, dan diri sendiri.

Tri satya merupakan pedoman hidup yang harus diamalkan oleh anggota pramuka dalam kegiatan sehari-hari, baik di dalam maupun di luar gerakan pramuka.

Tri satya merupakan komitmen yang harus dipenuhi oleh anggota pramuka sebagai syarat untuk naik tingkat kepramukaan, dari siaga menjadi penggalang, dari penggalang menjadi penegak, dan dari penegak menjadi pandega.

Tri satya merupakan sumber motivasi yang harus ditanamkan oleh anggota pramuka agar selalu berusaha untuk menjadi lebih baik, lebih bermanfaat, dan lebih berprestasi.

Rumusan Dasa Darma Pramuka 1-10

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  3. Patriot yang sopan dan kesatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, terampil dan gembira
  7. Hemat, cermat dan bersahaja
  8. Disiplin, berani dan setia
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Makna dan Contoh Dasa Darma Pramuka

  • Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Makna: Menjalankan semua perintah Tuhan sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing serta meninggalkan segala larangan-Nya.

Contoh: Membaca doa atau niat karena Allah dalam setiap mengawali dan mengakhiri kegiatan dalam kehidupan sehari-hari; patuh dan berbakti kepada kedua orang tua; sayang kepada saudara; menghormati guru dan orang yang lebih tua; menjaga hubungan baik dengan sesama manusia.

  • Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

Makna: Menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan alam serta memiliki rasa peduli, simpati, empati, dan toleransi terhadap sesama manusia.

Contoh: Tidak membuang sampah sembarangan; tidak merusak tanaman atau hewan; menanam pohon; menghemat air dan listrik; membantu fakir miskin, yatim piatu, orang tua jompo; mengunjungi orang yang sakit; memberikan sumbangan atau donasi untuk korban bencana alam.

  • Patriot yang sopan dan kesatria

Makna: Mencintai tanah air Indonesia dengan menjunjung tinggi nilai-nilai nasionalisme, patriotisme, dan bela negara serta bersikap sopan santun, hormat, adil, jujur, dan berani dalam pergaulan.

Contoh: Menghormati lambang-lambang negara seperti bendera merah putih dan lagu kebangsaan Indonesia Raya; mengikuti upacara bendera; belajar dengan baik di sekolah; mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka; tidak melakukan tindakan kriminal seperti korupsi, narkoba, atau radikalisme; mengakui kesalahan dan membenarkan hal yang benar; tidak mengejek atau membully orang lain.

  • Patuh dan suka bermusyawarah

Makna: Menuruti peraturan dan tata tertib yang berlaku di masyarakat serta menghargai pendapat dan keputusan orang lain dalam berdiskusi atau bermusyawarah.

Contoh: Tidak melanggar aturan lalu lintas; tidak bolos sekolah; tidak mencontek saat ulangan; mengikuti arahan dari pembina pramuka; mengemukakan pendapat dengan sopan dan santun; mendengarkan pendapat orang lain dengan baik; tidak memaksakan kehendak sendiri; menerima hasil musyawarah dengan lapang dada.

  • Rela menolong dan tabah

Makna: Bersedia memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan tanpa pamrih serta memiliki sikap tegar, sabar, dan tawakal dalam menghadapi kesulitan atau cobaan.

Contoh: Menolong teman yang terjatuh; memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan; menghibur teman yang sedih; tidak mengeluh atau menyerah saat mendapat tugas yang sulit; tidak marah atau dendam saat mendapat perlakuan yang tidak adil; bersyukur atas segala nikmat dan ujian yang diberikan Tuhan.

  • Rajin, terampil dan gembira

Makna: Berusaha keras untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan diri serta memiliki sikap positif, optimis, dan ceria dalam menjalani kehidupan.

Contoh: Belajar dengan rajin dan tekun; membaca buku-buku bermanfaat; mengikuti kursus atau pelatihan untuk menambah keterampilan; berlatih olahraga atau seni; melakukan hobi atau minat; bergabung dengan komunitas atau organisasi; tersenyum dan tertawa; bersikap ramah dan bersahabat.

  • Hemat, cermat dan bersahaja

Makna: Menggunakan sumber daya atau fasilitas yang ada dengan bijak dan efisien serta memiliki gaya hidup sederhana, tidak boros, tidak sombong, dan tidak berlebihan.

Contoh: Menghemat uang jajan; tidak membeli barang-barang yang tidak perlu; menggunakan air dan listrik secara hemat; memperbaiki barang-barang yang rusak; memanfaatkan barang-barang bekas; tidak membuang-buang makanan; tidak menghambur-hamburkan harta; tidak pamer atau riya.

  • Disiplin, berani dan setia

Makna: Menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan tepat waktu dan sesuai prosedur serta memiliki keberanian untuk mengambil resiko atau tantangan dan kesetiaan terhadap komitmen atau janji.

Contoh: Bangun pagi; datang tepat waktu ke sekolah atau kegiatan pramuka; mengerjakan tugas sekolah atau pramuka dengan baik; mengikuti aturan main dalam permainan atau perlombaan; berani mencoba hal-hal baru; berani menghadapi rintangan atau hambatan; setia kepada teman, keluarga, guru, bangsa, dan negara.

  • Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

Makna: Menyadari akibat atau dampak dari tindakan atau perilaku sendiri serta memiliki kredibilitas atau kepercayaan dari orang lain.

Contoh: Minta maaf jika melakukan kesalahan; memperbaiki kesalahan yang telah dilakukan; tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan sendiri; menjaga amanah atau rahasia orang lain; tidak berbohong atau menipu orang lain; menepati janji atau komitmen yang telah dibuat.

  • Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Makna: Menjaga kebersihan dan kesucian jiwa, raga, dan lingkungan serta memiliki sikap jujur, baik, dan benar dalam berpikir, berkata, dan berbuat.

Contoh: Mandi dan berpakaian rapi setiap hari; menjaga kebersihan kamar tidur dan rumah; menjauhi hal-hal yang najis atau kotor; berpikir positif dan konstruktif; berkata sopan dan santun; berbuat sesuai dengan norma agama, hukum, dan moral.

Itulah pengertian lengkap, bunyi tri satya dan dasa darma pramuka beserta makna dan contohnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper