Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ganjar Minta Prabowo dan Gibran Tiru Mahfud Mundur sebagai Pejabat Negara

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo meminta peserta Pilpres 2024 lainnnya mengikuti jejak calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD.
Ganjar Pranowo dan Bimbim saat berada di Gang Potlot, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu/Istimewa
Ganjar Pranowo dan Bimbim saat berada di Gang Potlot, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo meminta peserta Pilpres 2024 lainnya mengikuti jejak calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD yang mundur sebagai menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ganjar mengapresiasi langkah Mahfud, yang sudah menyiapkan surat pengunduran diri sebagai menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (Menko Polhukam). Mahfud berencana menemui Jokowi untuk memberi surat pengunduran diri itu pada Kamis (1/2/2024) besok.

Menurut Ganjar, sikap Mahfud mencerminkan sosok pemimpin yang berintegritas. Dia pun berharap calon presiden dan wakil presiden lain yang masih jadi pejabat negara bisa ikuti langkah Mahfud.

"Mudah-mudahan ini jadi contoh yang baik dan menjadi sebuah pertanggungjawaban yang barangkali yang lain bisa mengikuti," ujar Ganjar saat berkampanye di Pontianak, dikutip dari rilis medianya, Rabu (31/1/2024).

Ketika dikonfirmasi apakah calon yang dimaksud Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming, Ganjar membenarkan. Memang, Prabowo masih menjadi menteri pertahanan dan Gibran merupakan wali kota Solo.

"Iya, termasuk. Siapapun yang saya omongkan sejak awal, mereka yang punya potensi conflict of interest [konflik kepentingan] sebaiknya mundur seperti Pak Mahfud," jelas Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar mengaku sebenarnya rencana mundurnya Mahfud sebagai Menko Polhukam sudah lama dibicarakan. Meski demikian, lanjutnya, Mahfud menunggu waktu yang tepat.

Mahfud MD mengumumkan mundur sebagai menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (Menko Polhukam). Surat pengunduran dirinya akan disampaikan secara langsung oleh Mahfud ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (1/2/2024) besok.

Pengumuman itu Mahfud sampai di kawasan Danau Tirta Gangga, Seputih Banyak, Lampung Tengah pada Rabu (31/1/2024) siang. Kepada awak media, calon wakil presiden nomor urut 3 ini memamerkan surat pengunduran diri yang akan diserahkan ke Jokowi itu.

Menurut Mahfud, Jokowi baru berada di Jakarta besok, begitu juga dirinya. Dia ingin mundur secara terhormat sehingga akan sampaikan surat pengunduran diri secara langsung pada Kamis besok.

"Saya akan pamit dengan penuh kehormatan juga kepada beliau, dan saya akan melaporkan, 'Saya sudah selesai'," ungkap Mahfud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper