Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saling Serang Gibran vs Mahfud MD di Debat Cawapres

Mahfud Singgung Gibran Soal Food Estate, Gibran Serang Mahfud  Diserang dengan Pertanyaan Carbon Capture Storage.
Gibran dan Mahfud MD dalam Debat Cawapres 2024, 22 Desember 2023/tangkapan layar Youtube/Novita Sari Simamora
Gibran dan Mahfud MD dalam Debat Cawapres 2024, 22 Desember 2023/tangkapan layar Youtube/Novita Sari Simamora

Bisnis.com, JAKARTA -- Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD menyerang balik Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka usai ditanya tentang carbon capture storage (CCS).

Hal itu disampaikan Mahfud kepada Gibran pada sesi saling tanya dan jawab pada Debat Kedua Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres dan Cawapres 2024, di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (22/12/2023).

Awalnya, Gibran bertanya kepada Mahfud mengenai regulasi terkait dengan CCS.

"Ini karena Prof Mahfud ahli hukum bagaimana regulasi terkait dengan carbon capture storage?" tanya Gibran dikutip dari YouTube Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (22/12/2023).

Gibran terlihat menikmati jawaban yang disampaikan Mahfud, yang terkesan melenceng dari poin pertanyaan soal beleid yang mengatur teknologi tangkap karbon tersebut.

Mahfud justru menjawab proses pembentukan perundang-undangan alih-alih menjawab persoalan mengenai beleid CCS saat ini.

“Regulasi itu kalau orang ahli regulasi itu tidak harus spesifik satu per satu kecuali proyek pembuatan regulasi itu sudah ada, baru dibuat regulasinya,” kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) itu.

Kemudian, sesi debat memasuki waktu jeda iklan sebelum dilanjutkan sesi tanya jawab. Moderator lalu memberikan kesempatan untuk balas bertanya kepada Gibran untuk kesempatan pertama kali.

Pada saat itulah, Mahfud menyinggung bawah pertanyaan mengenai CCS bukan masuk dalam tema debat hari ini. Cawapres pendamping Ganjar Pranowo itu justru menyindir balik Gibran soal proyek Food Estate.

Proyek lumbung pangan era Presiden Jokowi itu menjadi salah satu proyek yang digarap oleh Kementerian Pertahanan di bawah Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto.

"Baik terima kasih moderator, anda mengingatkan agar kembali ke tema debat. Karena tadi pertanyaan carbon capture itu debat ke-4, tetapi saya tahu itu kan untuk menghindari tidak adanya regulasi sekarang ini agar tidak lagi terjadi penggundulan karena Food Estate seperti yang saat terjadi saat ini," terang Mahfud.

Adapun, CCS yang awalnya ditanyakan Gibran kepada Mahfud diatur dalam beleid khusus lewat Peraturan Menteri ESDM No.2/2023 tentang Penyelenggaraan Penangkapan dan Penyimpanan Karbon, serta Penangkapan, Pemanfaatan dan Penyimpanan Karbon pada Kegiatan Usaha Hulu Migas. Beleid itu diteken pada 2 Maret 2023 lalu.

Belakangan, Kementerian ESDM tengah merampungkan rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Carbon Capture and Storage (CCS) di luar wilayah kerja (WK) migas.

Saat ini terdapat 14 proyek CCS/CCUS di bidang migas yang masih dalam tahap kajian. Beberapa proyek itu tersebar dari Aceh hingga Papua yang ditarget onstream sebelum 2030.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper