Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ulasan Skor Seluruh Debat Pilpres : Anies - Cak Imin Rajai Sentimen Positif di X

Paslon nomor urut 1 Anies-Cak Imin mendapatkan sentimen positif terbanyak pada lima debat Pilpres, sedangkan sentimen negatif merundung Prabowo-Gibran
Ulasan Skor Seluruh Debat Pilpres : Anies - Cak Imin Rajai Sentimen Positif di X. Ulasan Skor Seluruh Debat Pilpres di X: Anies-Imin Rajai Sentimen Positif. Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan, Caprea Nomor Urut 2 Prabowo Subianto, Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo saat Debat Capres Terakhir yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Minggu (4/2/2024). Youtube KPU RI.
Ulasan Skor Seluruh Debat Pilpres : Anies - Cak Imin Rajai Sentimen Positif di X. Ulasan Skor Seluruh Debat Pilpres di X: Anies-Imin Rajai Sentimen Positif. Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan, Caprea Nomor Urut 2 Prabowo Subianto, Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo saat Debat Capres Terakhir yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Minggu (4/2/2024). Youtube KPU RI.

Bisnis.com, JAKARTA - Perhelatan debat calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024 telah usai pada Minggu (4/2/2024).

Berdasarkan analisis Drone Emprit, masing-masing kandidat telah memperoleh skor berupa sentimen, khususnya di media sosial X berdasarkan performa dalam debat sebelumnya.

Secara singkat, Anies selalu mendapatkan sentimen paling positif dalam tiga debat capres, sementara Prabowo selalu mendapatkan sentimen negatif.

Khusus cawapres, sentimen warganet dalam media sosial X cukup beragam. Misalnya, performa Cak Imin dalam debat perdana cawapres mendapat sentimen negatif tertinggi. Namun demikian, pada debat keduanya Cak Imin menjadi cawapres dengan sentimen paling positif.

Berikut ini rangkuman debat capres-cawapres berdasarkan sentimen di media sosial X :

Debat Pertama Capres

Debat capres perdana digelar di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (12/12/2023). Tema yang diangkat dalam debat ini yaitu, pemerintahan, hukum, HAM, korupsi, demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Usai debat, pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi melakukan analisis dari media sosial X dan media online khususnya di Indonesia.

Hasilnya, Ismail menemukan data bahwa Anies dan Ganjar sama-sama memuncaki sentimen positif dengan memperoleh sebanyak 64%. Sementara Pranowo hanya 48%.

Di sisi lain, sentimen negatif tertinggi dikantongi Prabowo sebesar 41%, Anies 27% dan Ganjar menjadi capres paling rendah mendapatkan sentimen negatif yaitu sebesar 23%.

Adapun, metodologi yang dilakukan analisis ini dengan mengambil kata kunci dari masing-masing Capres. Misalnya, Anies, gabener, goodbener, aniesbaswedan, capres 01, capres 1, paslon 01, paslon 1.

Kemudian, Prabowo dengan keyword prabowo, prabroro, praboro, PrabowoaSubianto, capiwe 02, capres 2, paslon 02, paslon 2. Sementara,Ganjar, ganjarpranowo, capres 03, саpres 3, paslon 03, paslon 3.

Sebagai informasi, analisis ini dilakukan Drone Emprit pada Selasa (12/12/2024) pukul 18.00 WIB hingga 21.30 WIB yang bersumber di media online dan X.

Debat Kedua Cawapres

Pada debat tersebut mengangkat tema soal Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka, menjadi yang paling banyak menerima sentimen positif di sosial media X selama debat kedua Pemilu 2024.

Berdasarkan hasil analisis Ismail Fahmi selaku penemu Drone Emprit, menyebutkan bahwa sentimen positif Gibran pada debat cawapres itu mencapai 70%.

Gibran juga mendapatkan sentimen negatif 23% dan sisanya sentimen netral 7%. Sebaliknya, cawapres nomor urut 01, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin justru mendapatkan sentimen negatif terbanyak dalam performanya pada debat tersebut.

Mengacu data analisis yang sama, Cak Imin memperoleh sentimen negatif yang mencapai 41%, diikuti sentimen positif 48% dan sentimen netral 11%.

Sementara, pasangan Ganjar Pranowo, Mahfud MD mengantongi sentimen positif 69%, sentimen negatif 16% dan netral sebanyak 15%.

Dalam debat kali ini, muncul istilah-istilah viral di media sosial X, yaitu soal SGIE yang merupakan pertanyaan dilontarkan Gibran kepada Cak Imin hingga slepetnomics.

Sebagai informasi, metodologi Ismail ini diambil dari beberapa keyword pada tiap-tiap cawapres. Misalnya, Muhaimin Iskandar dengan kata kunci, Cak Imin, Gus Imin, Gus Muhaimin, cakimiNOW, cawapres 01, cawapres nomor urut 01, dan cawapres no 01.

Selanjutnya, untuk Gibran diambil dari kata kunci Gibran, Walikota Solo, gibran tweet, cawapres 02, cawapres no 02, dan cawapres nomor urut 02. Sementara, Mahfud dengan kata kunci Mahfud MD, Mahfudmd, mohmahfudmd, prof mahfud, cawapres 03, cawapres no 03, hingga cawapres nomor urut 03.

Adapun, Ismail Fahmi melakukan pengambilan data dalam analisis kali ini pada Jumat (22/12/2023) pukul 19.00 WIB hingga 21.59 WIB di media sosial X.

Debat Ketiga Capres

KPU menggelar debat ketiga pada Minggu (7/1/2024) di Istora Senayan Jakarta dengan mengangkat tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Berdasarkan Analisis Drone Emprit, lagi-lagi Anies mendapatkan sentimen positif tertinggi sebanyak 76%, diikuti Ganjar Pranowo sebesar 72% dan posisi paling buncit ada Prabowo Subianto yang hanya memperoleh 40%.

Mengacu data yang sama, Prabowo malah mendapat predikat kandidat capres dengan sentimen negatif paling besar sebanyak 54%, sementara dua lainnya Anies 14% dan Ganjar 11%.

Berdasarkan rangkuman yang dilakukan Ismail Fahmi, Prabowo dalam debat kali ini mendapatkan sorotan khusus soal kepemilikan lahan yang luas yang disebutkan oleh Anies Baswedan.

"Analisis sentimen menunjukkan bahwa Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo cenderung mendapat respons positif, sedangkan Prabowo mendapat respons yang lebih negatif dari netizen," tulis Ismail.

Keyword yang diambil dari analisis ini yaitu, Anies, gabener, goodbener, aniesbaswedan, capres 01, capres 1, paslon 01, paslon 1. Kemudian,prabowo, prabroro, praboro, Prabowo Subianto, capres 02, capres 2, paslon 02, pasion 2

Selanjutnya Ganjar, ganjarpranowo, capres 03, capres 3. pasion 03, pasion 3. Drone Emprit mengambil data analisis ini dari media sosial X pada (7/1/2024) pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Debat Keempat Cawapres

Pasa debat kali ini, KPU mengangkat tema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa. Debat keempat berlokasi di JCC Senayan pada Minggu (21/1/2024).

Dalam debat ini, Cak Imin berhasil tampil memukau dengan mengantongi sentimen positif 80% dibandingkan dengan sebelumnya yang mencapai 48%. Bahkan, sentimen negatif terhadapnya berada di bawah 10% atau hanya mencapai 6%.

Kemudian, Gibran memiliki sentimen yang sangat berbeda dibandingkan dengan debat sebelumnya. Pasalnya, Gibran harus tersungkur dari posisi puncak pada debat sebelumnya menjadi paling rendah saat ini.

Perinciannya, Gibran hanya memperoleh sentimen positif sebesar 33% dengan sentimen negatif mencapai 60%. Sementara, Mahfud MD berhasil meningkatkan citra positifnya dengan meningkatkan sentimen positif menjadi 79% dan negatif sebanyak 12%.

Ismail menuturkan, meskipun Gibran dan Imin memiliki tingkat yang sama dalam jumlah disinggung di media sosial X. Namun, keduanya memiliki sentimen yang berkebalikan.

"Sementara itu, Mahfud MD, meskipun memiliki volume percakapan yang lebih rendah, memiliki pandangan yang mayoritas positif yang menunjukkan kualitas daripada kuantitas dalam hal sentimen online. Ini menunjukkan pentingnya tidak hanya jumlah penyebutan tetapi juga kualitas percakapan yang terjadi di media sosial," tutur Ismail.

Beberapa keyword yang diambil dari analisis ini yakni, Muhaimin Iskandar, Cak Imin, Gus Imin, Gus Muhaimin, cakimiNOW, cawapres 01, cawapres nomor urut 01, cawapres no 01, el slepet

Kemudian, Gibran, Walikota Solo, gibran tweet, cawapres 02, cawapres no 02, cawapres nomor urut 02, el samsul, el sulfat. Adapun, Mahfud MD, Mahfudmd, mohmahfudmd, prof mahfud, pak mahfud, cawapres 03, cawapres no 03, cawapres nomor urut 03, el profesor, el professor

Drone Emprit melakukan analisis debat keempat di media sosial X dengan periode 19.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Debat Kelima Capres

KPU mengangkat tema debat terakhir untuk membahas seputar Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Dalam hal ini, Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto menjadi capres yang paling banyak mendapatkan sentimen negatif di media sosial X selama debat capres terakhir.

Berdasarkan analisis Drone Emprit, Prabowo memperoleh sentimen negatif di X sebanyak 48%, diikuti sentimen positif 43% dan netral 14%. Kemudian, Anies Baswedan mengantongi sentimen positif paling banyak sebesar 86%.

Mengacu data yang sama, Anies juga memperoleh sentimen negatif paling sedikit sebesar 6% dan netral 8%. Sementara Ganjar, memiliki sentimen positif 72%, negatif dan netral masing-masing 14%.

Dalam kesimpulannya, Pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi menuturkan bahwa Prabowo Subianto menuai kritik karena cenderung sepakat dengan Anies maupun Ganjar selamat debat kelima Pilpres 2024.

"Menghadapi kritik atas kurangnya inovasi dan kecenderungan untuk setuju dengan Anies dan Ganjar," tulis Ismail di X, dikutip Senin (5/5/2024).

Ismail menambahkan, capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo banyak diapresiasi karena berani mengangkat isu yang berat serta memiliki gaya yang stylish dibandingkan dua kandidat lainnya.

Sementara itu, Anies dalam analisis ini memuncaki posisi sebagai capres dengan yang paling banyak disinggung di media sosial X serta diapresiasi warganet soal program sosialnya.

"Anies Baswedan memimpin dalam popularitas dan citra positif," imbuhnya.

Sebagai informasi, metodologi Drone Emprit ini diambil beberapa keyword pada tiap-tiap capres. Misalnya, Anies dengan kata Anies, Abah Owl, Abah Online, El Chef, Wan Angin, Park Ahn Nice, aniesbaswedan, capres 01, capres 1, paslon 01, pasion 1.

Selanjutnya, Prabowo-Gibran dengan kata kunci prabowo, prabroro, praboro, El Gemoy, Prabski, Prabowo Subianto, capres 02, capres 2, pasion 02, pasion 2.

Sementara, Ganjar, ganjarpranowo, El Chudai, Den Wadas, capres 03, capres 3, pasion 03, dan paslon 3.

Adapun, analisis Drone Emprit ini diambil dalam periode 19.00 WIB hingga 22.00 WIB di X pada Minggu (4/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper