Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saldi Isra Berharap Bisa Kompak dengan Suhartoyo Pimpin MK

Saldi Isra berharap agar pimpinan MK mampu berjalan seperti dwitunggal ke depannya.
Saldi Isra./mkri
Saldi Isra./mkri

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Saldi Isra menyampaikan harapannya setelah Suhartoyo resmi terpilih sebagai Ketua MK menggantikan Anwar Usman pada Kamis (9/11/2023).

Usai berdiskusi dengan Suhartoyo, dia berharap agar pimpinan MK mampu berjalan seperti dwitunggal ke depannya.

"Mungkin satu hal yang kita diskusikan, setelah melihat MK, kita berharap pimpinan, ketua dan wakil ketua itu kayak dwitunggal ke depan," katanya di Gedung MK, Jakarta Pusat pada Kamis (9/11/2023).

Menurutnya, kepengurusan MK kali ini harus diarungi dengan kekuatan yang lebih padu, dan dibarengi dengan kepemimpinan yang bersifat kolektif kolegial.

"Tadi kita bicara ini akan menjadi kepemimpinan kolektif kolegial, kami berdua menjadi komandonya. Nanti hakim-hakim lain juga akan ditempatkan seperti pimpinan kolektif dalam menghadapi ini," lanjutnya.

Hal ini disebabkan oleh situasi yang menerpa MK, utamanya pasca putusan batas usia capres-cawapres yang dianggap kontroversial.

"Karena situasi ini tidak mungkin diselesaikan oleh satu-dua orang, harus diselesaikan oleh kami semua. Itu prinsip tadi yang kami diskusikan," papar Saldi. 

Senada dengan Saldi, Suhartoyo juga mengatakan bahwa pimpinan MK cenderung berfungsi untuk mengkoordinasi kepemimpinan yang bersifat kolektif.

"Karena kepemimpinan sebenarnya kan kolektif, sebenarnya semua [hakim konstitusi] itu unsur pimpinan. Cuma persoalannya kan harus ada yang mengkoordinasi, jadi itulah perlu ditunjuk ketua dan wakil ketua itu," terang Harto, sapaan akrabnya.

Kendati sama-sama berkomitmen untuk memulihkan martabat MK, dirinya mengaku belum berdiskusi lebih lanjut dengan Saldi perihal substansi.

"Kami belum berbicara sampai ke substansi bagaimana nanti fokus pada pemulihan ditanyakan tadi. Tapi itu semua mungkin bisa kami sampaikan setelah saya sudah dilantik," tutupnya.

Diketahui, Suhartoyo akan dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Ketua MK pada Senin (13/11/2023) pekan depan.

"Menyepakati bahwa ketua MK terpilih adalah Yang Mulia Bapak Dr. Suhartoyo, dan Insya Allah hari Senin akan diambil sumpahnya," kata Saldi Isra dalam konferensi pers.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper