Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Moeldoko Nilai Positif Empat Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, Ini Alasannya

Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menilai positif empat tahun periode kedua kepemimpinan Presiden Jokowi.
Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko meninjau Media Center di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Selasa (5/9/2023)./Bisnis-Akbar Evandio
Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko meninjau Media Center di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Selasa (5/9/2023)./Bisnis-Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menilai positif empat tahun periode kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin.

Menurutnya, dalam empat tahun pemerintahan mereka, Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa, dan berhasil melewati berbagai tantangan, termasuk krisis akibat pandemi Covid-19.

Dia menegaskan Indonesia bukan hanya bertahan selama pandemi, tapi juga telah mencapai kemajuan dan pembangunan yang signifikan.

"Di saat pandemi kita bukan hanya menang, tapi juga membuat lompatan-lompatan kemajuan dan pembangunan. Saat ini Indonesia terus bertumbuh dan melaju," tegasnya di Jakarta, Jum’at (20/10/2023).

Moeldoko mengatakan salah satu indikator keberhasilan pemerintahan Jokowi–Ma’ruf adalah pertumbuhan ekonomi yang kuat, yakni mencapai 5,3%.

Pertumbuhan ini, kata dia, didukung oleh kinerja ekspor yang kuat dan ekonomi domestik yang stabil. Di sektor fiskal, pemerintah dinilainya juga berhasil mengembalikan defisit anggaran di bawah tiga persen dengan cepat yakni pada 2022.  

Masih kata Moeldoko, Indonesia juga telah melakukan lompatan dalam peningkatan nilai ekspor hasil tambang melalui kebijakan hilirisasi. Dia mencontohkan ekspor nikel yang mengalami lonjakan dari US$0,65 juta pada 2017, menjadi US$5,94 juta.

Capaian positif juga terjadi di sektor investasi. Panglima TNI 2013-2015 ini, menyebut nilai investasi melebihi target yang telah ditetapkan pemerintah, yakni mencapai Rp1.207 triliun.

“Ini karena kita telah melakukan transformasi tata kelola investasi dengan menyederhanakan regulasi, reformasi birokrasi, dan efisiensi logistik,” imbuhnya.

Tak hanya itu, lanjut Moeldoko, pemerintah juga menjalankan komitmen untuk memeratakan pembangunan di seluruh Indonesia, dengan memegang prinsip pembangunan Indonesia-Sentris. Pembangunan desa juga digenjot agar jumlah desa tertinggal terus menurun.

“Penurunannya sangat signifikan, dari 17.626 desa menjadi 6.749 desa,” jelas Panglima TNI 2013-2015 ini.

Adapun terkait dengan penciptaan lapangan kerja, Kepala Staf Kepresidenan, menyampaikan pemerintah terus melakukan perbaikan iklim investasi, dan mengembangkan program-program pendidikan dan pelatihan vokasi untuk mencetak tenaga-tenaga kerja unggul.

Sementara, di arena global, jelas Moeldoko, Indonesia telah kembali menjadi pemain utama dalam diplomasi dunia. Indeks pengaruh diplomasi Indonesia melonjak pesat, bahkan melampaui Singapura.

“Kemampuan diplomasi Indonesia di tengah situasi dunia yang kompleks telah diakui sebagai kontributor perdamaian global,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Moeldoko memastikan empat tahun kepemimpinan Jokowi dan Ma’ruf Amin juga telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi Indonesia.

Dalam periode ini, negara ini tidak hanya bertahan, tetapi juga tumbuh dan maju dalam berbagai sektor, serta menciptakan landasan yang kuat untuk masa depan yang lebih cerah.

“Berbagai capaian ini memberikan kita optimisme cita-cita menuju Indonesia Emas bisa dicapai,” pungkas Moeldoko.

Sebagai informasi, buku "Capaian Kinerja Pemerintah 2023" akan diluncurkan pada Selasa (24/10/2023), di hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

Peluncuran buku akan dihadiri Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko, Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, serta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper