Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PAN Sebut Prabowo Segera Umumkan Nama Cawapres

PAN menyebut Prabowo Subianto segera mengumumkan cawapres pendampingnya.
Bacapres, Prabowo Subianto di kediamannya di jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (17/10/2023) - Bisnis/Anshary Madya Sukma
Bacapres, Prabowo Subianto di kediamannya di jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (17/10/2023) - Bisnis/Anshary Madya Sukma

Bisnis.com, JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) mengucapkan selamat atas pencalonan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai Bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Bakal Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo. 

Pencalonan Mahfud sebagai pendamping Ganjar di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 diumumkan langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri hari ini di Kantor DPP PDIP, Rabu (18/10/2023). 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno mengucapkan selamat atas pencalonan Mahfud. Dia menilai penunjukan tersebut semakin mengerucutkan para peserta Pilpres tahun depan. 

"Kami ucapkan selamat atas penunjukan Pak Mahfud MD sebagai cawapres dari Pak Ganjar Pranowo tentu kami berpendapat bahwa penunjukan tersebut akan semakin mengerucutkan Pilpres yang akan datang karena dua pasangan calon sudah menetapkan pasangannya secara lengkap," ujarnya melalui rekaman audio yang diterima wartawan, Rabu (18/10/2023). 

Eddy juga mengatakan bahwa Koalisi Indonesia Maju akan segera menetapkan Cawapres pendamping dari Bakal Capres Prabowo Subianto. Seperti diketahui, PAN merupakan salah satu partai yang tergabung dalam koalisi pendukung Prabowo bersama dengan Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang, dan lain-lain. 

Dengan diumumkannya Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar, maka hanya Prabowo yang belum mengumumkan pendampingnya di Pilpres 2024. Sebelumnya, Koalisi Perubahan yang meliputi Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Keadilan Sejahtera telah mendeklarasikan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. 

"Insyallah kami dari koalisi Pak Prabowo dan Koalisi Indonesia Maju akan menetapkan juga cawapres kami dalam waktu dekat, serta melakukan pendaftaran capres-cawapres pada saat yang sudah ditentukan sebagaimana jadwal KPU," terang Eddy. 

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD resmi diumumkan menjadi cawapres pendamping Ganjar Pranowo di ajang Pilpres 2024.

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengumumkan secara langsung nama Mahfud dalam forum Pengumuman Calon Wakil Presiden Pendamping Ganjar Pranowo di Kantor DPP PDIP pada Rabu (18/10/2023).

"Hari ini, Rabu tanggal 18 Oktober 2023, saya dengan mantap, saya telah mengambil putusan, yang semuanya saya tujukan sebesar-besarnya untuk tujuan rakyat, bangsa, dan negara. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, maka calon wakil presiden yang dipilih PDI Perjuangan, yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Mahfud MD," ungkap Megawati.

Megawati menyatakan, dirinya memilih Mahfud usai melakukan perenungan dan menerima rmasukan dari banyak pihak termasuk para ketua umum partai politik pendukung pencapresan Ganjar lainnya.

"Saya orang yang sudah pengalaman hidup dan politik yang cukup panjang sehingga saya tidak begitu mudah untuk mengambil, yang saya jadikan kemudian hari menjadi pemimpin untuk bangsa dan negara ini," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper