Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adu Gahar Jet Tempur F-16 vs Su-35, AS Boleh Sesumbar tapi Rusia Punya Penangkal

Berikut adalah adu gahar jet tempur F-16 dan Su-35 milik Rusia dan Amerika Serikat.
Sukhoi Su-35 Flanker/Istimewa
Sukhoi Su-35 Flanker/Istimewa

Bisnis.com, SOLO - Ukraina boleh jemawa sebab Belanda dan Denmark akan segera mengirimkan jet tempur F-16 sesuai permintaan mereka.

Dua negara Barat tersebut juga telah mendapatkan izin dari AS untuk mengirim beberapa unit F-16 ke Ukraina dalam waktu dekat. Kabarnya, Belanda akan mengirim 42 unit sementara Denmark 19 unit F-16.

Kehadiran F-16 di etalase alutsista Ukraina tentu akan membuat Rusia waswas. Sebab, mereka "hanya" punya Su-35 yang akan jadi penantang jet tempur F-16 kebanggaan AS tersebut.

Awal tahun 2023 lalu, seorang mantan pilot jet tempur F-16 Fighting Falcon Amerika Serikat (AS) meledek jet tempur Su-35 milik Kremlin. 

"Su-35 adalah mesin khas Rusia yang terlihat bagus, tetapi jauh di lubuk hati, itu bukan pesawat yang bagus," kata pensiunan Letnan Kolonel Angkatan Udara AS Dan Hampton kepada Voice of America, yang dilansir Sabtu (18/3/2023).

Namun benarkah Su-35 benar-benar tak bisa melawan dan mengalahkan F-16 buatan Amerika Serikat? Tentu jawabannya tidak benar.

Pada beberapa kesempatan, Su-35 buatan Rusia masih memungkinkan untuk melumpuhkan F-16 kebanggaan Joe Biden tersebut.

Mantan Perwira Militer Inggris, Frank Ledwidge, mengatakan bahwa Su-35 memang akan terlihat lemah saat berhadapan langsung dengan F-16 buatan AS.

Tapi Su-35 dianggap sebagai salah satu pesawat tempur generasi 4,5 paling canggih Rusia yang akan menemukan "jalannya sendiri" untuk bisa perang satu lawan satu dengan F-16.

Adu gahar Su-25 vs F-16...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper