Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adu Gahar Jet Tempur F-16 vs Su-35, AS Boleh Sesumbar tapi Rusia Punya Penangkal

Berikut adalah adu gahar jet tempur F-16 dan Su-35 milik Rusia dan Amerika Serikat.
Sukhoi Su-35 Flanker/Istimewa
Sukhoi Su-35 Flanker/Istimewa

Adu gahar Su-25 vs F-16

Su-35 merupakan versi modern dari pesawat tempur Su-27, yang dirancang secara signifikan meningkatkan efektivitas keterlibatan terhadap target udara, darat dan laut.

M United Aircraft Corporation, sebuah perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan yang sebagian besar dimiliki oleh pemerintah Rusia mengatakan bahwa Su-35 ini termasuk pesawat baru karena penerbangan perdananya berlangsung pada Februari 2008.

Beberapa ahli juga telah menjelaskan bahwa Su-35 di atas kertas memang jauh lebih unggul daripada F-16 buatan AS. Akan tetapi, hal tersebut belum tentu berbanding lurus di lapangan.

“Di atas kertas, dapat diperdebatkan bahwa Su-35 memiliki keunggulan dibandingkan F-16 yang kemungkinan besar akan diperoleh Ukraina, tetapi itu tidak menceritakan keseluruhan cerita,” menurut David Jordan, co-director dari Freeman Air and Space Institute di King's College London, Inggris.

Bukan hanya David Jordan, mantan Komandan Senior Angkatan Udara Kerajaan Inggris dan Marsekal Udara Greg Bagwell juga mengakui jika spesifikasi di atas kertas Su-35 sangat bagus dibanding F-16.

Akan tetapi dia mengatakan bahwa hal tersebut tidak bisa menjadi patokan.

“Spesifikasi Su-35 mungkin menunjukkan bahwa itu adalah pesawat yang lebih baik dalam banyak hal. Tapi sebenarnya, itu lebih rumit,” kata mantan Komandan Senior Angkatan Udara Kerajaan Inggris dan Marsekal Udara Greg Bagwell.

Yang terjadi jika Su-35 dan F-16 bertemu

Untuk membandingkan kedua jet tempur ini, melihat spesifikasinya saja tidaklah cukup. Ada beberapa aspek lain yang juga harus dipertimbangkan untuk menentukan siapa yang akan menang.

Pertama soal taktik perang. Beberapa ahli mengatakan bahwa taktik perang Rusia terlalu kaku dan ini bisa menghalangi alutsista canggih mereka unjuk giho di medan perang.

Selain itu, kualitas pilot adalah kuncinya. Tanpa pilot yang bagus, jet tempur secanggih apapun akan terlihat sia-sia saja.

Kemudian menurut pensiunan Komodor Udara Andrew Curtis, mengatakan bahwa ada beberapa hal teknis yang juga bisa menentukan kemenangan apabila F-16 dan Su-35 saling berhadapan.

Dan hal teknis inilah yang memungkinkan Rusia bisa saja menang mengalahkan F-16 buatan AS.

“Dalam hal bagaimana tarif F-16 melawan Su-35 Rusia, itu akan tergantung pada senjata udara-ke-udara yang tersedia untuk Ukraina. Jika itu Berkaitan dengan dogfighting, F-16 masih menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Namun, pilot Rusia kemungkinan akan mencoba dan melawan pertempuran jarak jauh, menggunakan rudal jarak menengah dan jarak jauh. Jika mereka berhasil melakukan ini, yang mungkin memiringkan keseimbangan untuk mendukung Su-35," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper