Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Delegasi Ukraina Kunjungi Markas NasDem, Minta Dukungan Lawan Rusia

Delegasi Ukraina mengunjungi NasDem Tower di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat pada Kamis (10/8/2023) siang.
Partai Nasdem
Partai Nasdem

Bisnis.com, JAKARTA - Deputi Servant of The People Ukraina Oleksandr Merezhko dan Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin mengunjungi NasDem Tower di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat pada Kamis (10/8/2023) siang.

Merezhko menjelaskan, kunjungannya ke markas NasDem untuk meminta dukungan melawan invasi Rusia di wilayah Ukraina. Apalagi, lanjutnya, partainya (Servant of The People) yang merupakan partai penguasa di Ukraina memiliki banyak kesamaan dengan NasDem.

"Kesamaan dalam hal nilai-nilai yang kami junjung seperti demokrasi, keadilan sosial, dan martabat manusia. Itu sebabnya saya berharap kita akan menjalin hubungan yang erat antara partai saya di Ukraina dan NasDem," jelas Merezhko di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023).

Dia menjelaskan, Ukraina ingin dukungan dari Indonesia terutama dalam hal bantuan kemanusiaan. Apalagi, lanjutnya, hingga kini banyak warga sipil yang menderita karena invasi Rusia. 

"Banyak warga sipil kami yang terluka, karena setiap hari Rusia bunuh, lukai, lusinan warga sipil, dan sayangnya termasuk anak-anak. Itu sebabnya dukungan kemanusiaan Indonesia akan sangat dihargai," ujarnya.

Selain itu, Merezhko juga menekankan pentingnya dukungan politik dari Indonesia. Ukraina ingin Indonesia menghormati prinsip hukum internasional dan Piagam PBB.

"Seperti integritas teritorial [negara], persamaan kedaulatan," ucapnya.

Sementara Vasyl Hamianin menambahkan pihaknya juga sudah menemui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. Namun, NasDem jadi satu-satunya markas partai yang dikunjungi delegasi Ukraina.

Vasyl menegaskan, dukungan Indonesia sangat penting. Dukungan itu, lanjutnya, bukan untuk perang Rusia-Ukraina melainkan untuk umat manusia.

"Kita berbicara tentang isu-isu global, perdamaian di seluruh dunia. Inilah yang penting bagi kita semua, bagi Anda semua," ujar Vasyl pada kesempatan yang sama.

Sedangkan Ketua DPP Partai NasDem Martin Manurung ini merupakan kedatangan kali kedua delegasi Ukraina ke markas partainya. Dia menyatakan di samping semua pro-kontra konflik Rusia-Ukraina, NasDem akan memegang prinsip kemanusiaan, keadilan sosial, dan perdamaian.

"Dengan tiga prinsip ini Partai Nasdem menyatakan solidaritas kepada rakyat Ukraina dan kami berharap bahwa konflik yang terjadi di Ukraina bisa berakhir secepatnya, dan kami mendoakan semoga rakyat Ukraina bisa tetap bertahan, dan juga kedua belah pihak baik Ukraina dan Russia bisa menemukan titik temu sebagai perdamaian," ungkap Martin juga pada kesempatan yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper