Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden PKS Legowo Cawapres Anies Bukan dari Kadernya

Presiden PKS Ahmad Syaikhu legowo jika calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan bukan berasal dari kader internal PKS.
Presiden PKS Ahmad Syaikhu/PKS
Presiden PKS Ahmad Syaikhu/PKS

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu legowo atau dapat menerima jika calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan bukan berasal dari kader internal mereka.

Syaikhu menjelaskan, rekomendasi Musyawarah Nasional (Munas) PKS menyatakan perlu adanya tokoh internal yang dimunculkan pada Pilpres 2024. Meski begitu, dia menyatakan PKS harus realistis melihat keadaan.

"Kita juga realistis bahwa apa yang kita usung ini bukan hanya sekadar satu ego untuk memunculkan itu [kader internal PKS maju di Pilpres 2024]," jelas Syaikhu saat berkunjung ke kediaman Din Syamsudin, kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (23/5/2023).

Dia menjelaskan, PKS akhirnya sepakat mengusung Anies sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024, bersama dengan Partai NasDem dan Partai Demokrat.

Meski ingin cawapres Anies berasal dari internal PKS, namun Syaikhu mengatakan belum ada kadernya yang diterima masyarakat luas.

PKS, lanjutnya, ingin mengutamakan kemenangan bersama daripada ego sektoral pada Pilpres 2024. Oleh sebab itu, pihaknya akan legowo jika cawapres Anies bukan dari PKS.

"Jadi dengan itu juga punya kelegowoan bahwa kader kami yang di internal belum sampai pada tataran jadi tokoh-tokoh nasional yang bisa diterima secara masif oleh masyarakat," ujar Syaikhu.

Sebelumnya, Anies mengungkapkan kandidat cawapres untuk dirinya sudah mengerucut ke lima nama. Anies mendelegasikan Tim Kecil, yang terdiri dari perwakilannya dan tiga partai pendukungnya, untuk membahas cawapres. Hasilnya, kini mereka sudah memilih lima nama paling potensial.

"Tim Kecil ini membahas mengenai kriteria, membahas tentang nama-nama [cawapres]. Alhamdulillah, mereka sudah sampai kepada kerucut berwujud lima [nama cawapres]. Biarkan proses ini jalan terus," ujar Anies di Sekretariat Perubahan, Jakarta Selatan, Jumat (5/5/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper