Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Ma'ruf Apresiasi Kampung Bahari Nusantara Program TNI AL 2022

Wapres Maruf Amin mengapresiasi Kampung Bahari Nusantara Program TNI AL 2022 sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pesisir.
Wapres Maruf Apresiasi Kampung Bahari Nusantara Program TNI AL 2022 / BPMI Setwapres
Wapres Maruf Apresiasi Kampung Bahari Nusantara Program TNI AL 2022 / BPMI Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa TNI AL sebagai bagian dari perangkat negara juga mengemban tugas sosial dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, disamping tugas operasi militernya.

"Saya menilai Kampung Bahari Nusantara [KBN] merupakan bentuk nyata kehadiran dan kedekatan TNI AL dengan rakyat, sekaligus menjadi perwujudan komitmen TNI AL untuk membangun ketahanan wilayah maritim dari level desa, yang akan menyangga pertahanan negara", ujar Wapres saat meresmikan KBN TNI AL Tahun 2022 secara serentak yang dilakukan di 68 Satuan Komando Kewilayahan, di Kepulauan Untung Jawa, Kepulauan Seribu, dilansir dari keterangan resmi, Senin (15/05/2023).

Lebih lanjut, Wapres menilai gagasan KBN yang dimotori TNI AL tersebut sangat strategis karena turut mendukung program pemerintah dalam menyelesaikan kemiskinan di wilayah pesisir.

"Program KBN yang terbagi ke dalam lima klaster, yaitu Klaster Edukasi, Ekonomi, Kesehatan, Pariwisata, dan Pertahanan ini, sejalan dengan komitmen Pemerintah untuk menyelesaikan berbagai persoalan kemiskinan di desa pesisir," ungkapnya.

Lebih dari itu, menurut Wapres, program KBN juga sesuai dengan paradigma baru perdesaan yang berkembang secara global. Tren ini muncul karena sekitar 45 persen penduduk bumi tinggal di perdesaan di wilayah negara-negara berkembang.

"Pembangunan perdesaan menjadi keniscayaan untuk mencapai target-target pembangunan berkelanjutan. Paradigma pembangunan di desa diubah dari subsidi menjadi investasi masa depan," tutur Wapres.

Wapres meyakini, fokus kerja dan kebijakan di dalam program KBN yang dituangkan ke dalam lima klaster ini dapat dijalankan melalui kerja sama dan kolaborasi bersama lembaga dan institusi lain agar membuahkan hasil yang lebih baik.

"Sentuhan kebijakan dan program KBN tentu akan semakin efektif jika dirajut dengan kerja sama antara kementerian/lembaga, pemda, BUMN dan BUMDes, institusi pendidikan, dan para pemangku kepentingan strategis lainnya," tegas Wapres.

Menutup sambutannya, Wapres berharap program KBN ini, dapat berjalan sebagaimana yang direncanakan serta mampu berdampak signifikan bagi peningkatan taraf hidup masyarakat pesisir.

"Dari Pulau Untung Jawa yang indah ini, dan dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahiim, Kampung Bahari Nusantara binaan TNI AL saya resmikan. Mudah-mudahan dengan upaya ini, nyala terang desa-desa pesisir nusantara akan semakin nyata," harapnya.

Sebelumnya, Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa agenda KBN ini bertujuan sebagai wadah pembinaaan masyarakat pesisir untuk memecahkan masalah ekonomi, kesehatan dan edukasi. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir, sebagaimana program prioritas nasional.

"Peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup pesisir melalui program KBN merupakan salah satu langkah untuk mendukung beberapa program prioritas nasional 2023, antara lain memperkuat ketahanan ekonomi yang berkeadilan, meningkatan SDM berkualitas dan berdaya saing," jelasnya.

Sebagai informasi, KBN merupakan program TNI Angkatan Laut yang bertujuan untuk mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan mengangkat potensi maritim di suatu wilayah. Terdapat 5 klaster program, yaitu pertahanan, ekonomi, edukasi, kesehatan, dan pariwisata. Program ini dijalankan di 68 Satuan Komando Wilayah TNI AL di seluruh nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper