Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Maruf Amin: SEA Games 2023 Ajang Pembuktian Program DBON

SEA Games 2023 akan menjadikan DBON sebagai momentum evaluasi dari sisi mana yang masih perlu dilakukan perbaikan lebih lanjut.
Wapres Maruf Amin / Setwapres
Wapres Maruf Amin / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wapres Ma’ruf Amin menilai, perhelatan SEA Games 2023 akan menjadi momentum penilaian sejauh mana visi, misi, serta target Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) terlaksana.

Menurutnya, DBON dapat dinilai terlaksana dengan baik apabila atlet-atlet dapat menunjukkan performanya dalam mendulang banyak prestasi di ajang olahraga Asia Tenggara itu. 

Dia pun melanjutkan SEA Games 2023 juga akan menjadikan DBON sebagai momentum evaluasi dari sisi mana yang masih perlu dilakukan perbaikan lebih lanjut.

“Kalau [prestasi atlet] turun daripada itu berarti ada sesuatu yang harus diperbaiki. Itu [SEA Games 2023] sebagai momen untuk penilaian DBON kita ada kemajuan atau tidak,” ujarnya kepada wartawan, dikutip melalui Youtube Setwapres, Sabtu (6/4/2023).

Oleh sebab itu, orang nomor dua di Indonesia itu berharap agar para kontingen Indonesia di SEA Games 2023 dapat berlaga dengan baik dan mengukir prestasi.

Untuk diketahui, perhelatan Pesta Olahraga Asia Tenggara, SEA Games 2023, resmi dimulai pada 5—17 Mei 2023. Adapun, kontingen Indonesia yang akan berlaga pada ajang tersebut pun telah resmi dilepas oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (2/5/2023) silam.

“Karena itu SEA Games ini menjadi ukurannya, kita berharap tak turun [prestasi kontingen Indonesia],” tuturnyadi Universitas Negeri Padang (UNP).

Lebih lanjut Wapres Ke-13 RI ini menyampaikan, prestasi yang akan diukir pada SEA Games pada tahun ini diharapkan lebih baik dari pencapaian sebelumnya.

“Bahkan bisa menjadi juara umum, minimal pada posisi nomor dua atau runner up. Oleh karena itu, memang tak boleh kurang, kalau itu [hasil medali] turun, maka prestasi kita turun,” imbuhnya. 

Wapres asal Tangerang ini pun menyampaikan, bahwa target-target yang akan dicapai telah tercantum di dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Untuk itu, seluruh pihak yang terlibat diharapkan dapat bersungguh-sungguh dalam mewujudkan target tersebut.

“Desain Besar Olahraga Nasional itu sudah membuat target-target yang sudah disiapkan untuk perhelatan SEA Games. Atlet nasional kita kalau tidak juara satu atau umum, paling tidak runner up,” pungkas Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper