Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kandungan Surat Al Baqarah Ayat 1-5, Isinya Perintah Beribadah

Surat Al Baqarah ayat 1-5 menerangkan seputar rukun iman dan perintah ibadah lainnya. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.
Kandungan Surat Al Baqarah Ayat 1-5, Isinya Perintah Beribadah (pexels)
Kandungan Surat Al Baqarah Ayat 1-5, Isinya Perintah Beribadah (pexels)

Bisnis.com, JAKARTA - Secara garis besar, lima ayat pertama pada Surat Al-Baqarah berisi mengenai fungsi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup umat manusia.

Kandungan surat Al Baqarah ayat 1-5 berisi perintah agar umat manusia beriman kepada Allah SWT, kitab-kitab suci terdahulu, serta perintah menunaikan salat dan bersedekah. 

Untuk mengetahui lebih lengkap seputar isi kandungan lima ayat pertama Surat Al-Baqarah, seperti berikut. 

Surat Al Baqarah Ayat 1-5 Beserta Artinya

Berikut ini surat Al-Baqarah ayat 1-5 latin, Arab, dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

  • QS Al-Baqarah Ayat 1

الۤمّۤ

alif lâm mîm

Artinya: “Alif lâm mîm.”

  • QS Al-Baqarah Ayat 2

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَۛ فِيْهِۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَۙ

dzâlikal-kitâbu lâ raiba fîh, hudal lil-muttaqîn

Artinya: “Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan di dalamnya; (ia merupakan) petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa,”

  • QS Al-Baqarah Ayat 3

الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَۙ

alladzîna yu'minûna bil-ghaibi wa yuqîmûnash-shalâta wa mimmâ razaqnâhum yunfiqûn

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang beriman pada yang gaib, menegakkan salat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka,”

  • QS Al-Baqarah Ayat 4

وَالَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ وَمَآ اُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَۚ وَبِالْاٰخِرَةِ هُمْ يُوْقِنُوْنَۗ

walladzîna yu'minûna bimâ unzila ilaika wa mâ unzila ming qablik, wa bil-âkhirati hum yûqinûn

Artinya: “dan mereka yang beriman pada (Al-Qur’an) yang diturunkan kepadamu (Nabi Muhammad) dan (kitab-kitab suci) yang telah diturunkan sebelum engkau dan mereka yakin akan adanya akhirat.”

  • QS Al-Baqarah Ayat 5

اُولٰۤىِٕكَ عَلٰى هُدًى مِّنْ رَّبِّهِمْۙ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

ulâ'ika ‘alâ hudam mir rabbihim wa ulâ'ika humul-mufliḫûn

Artinya: “Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

Isi Kandungan Surat Al-Baqarah Ayat 1-5

Selain mempelajari lafal dan arti surat Al-Baqarah ayat 1 sampai 5, kita juga perlu mempelajari isi kandungan ayat-ayat tersebut. Berikut beberapa perintah penting Allah SWT yang terkandung dalam surat Al-Baqarah Ayat 1-5:

  • Beriman terhadap hal ghaib

Tidak hanya mengimani Allah SWT, di Surat Al-Baqarah Ayat 1-5 umat muslim diperintahkan mengimani hal-hal ghaib. Maksud dari hal ghaib yaitu hal-hal yang berada di luar jangkauan panca indra dan logika kita. Adapun beberapa hal yang termasuk ke dalam hal ghaib antara lain; Allah, Malaikat Allah, Surga, Neraka, Jin, dan sebagainya.

  • Menegakkan shalat dan bersedekah kepada sesama

Perintah ini tercatat dengan jelas pada ayat ke 3, “.... menegakkan shalat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka.”. Maksud dari menegakkan shalat yaitu mengerjakan dan menunaikan shalat sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad. 

Selain itu, umat muslim diperintahkan untuk bersedekah kepada sesama manusia. Tujuannya untuk menjauhkan kita dari sifat kikir, serakah dan berlebihan dalam menggunakan harta.

  • Beriman kepada Al-Qur’an dan kitab suci terdahulu

Mengimani Al-Qur’an berarti tidak meragukan kebenarannya sebagai pedoman hidup umat muslim. Hal tersebut dikarenakan Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui perantara Malaikat Jibril agar kehidupan umat manusia terjaga. 

Tak hanya itu, tujuan diturunkannya Al-Quran yaitu untuk dijauhkan dari maksiat yang dapat merusak baik itu diri sendiri maupun sekitarnya. Perintah mengimani kitab suci terdahulu seperti Taurat, Zabur, Injil. Hal tersebut juga dapat diartikan sebagai perintah mengimani adanya keberadaan nabi-nabi yang diutus Allah SWT sebelum Nabi Muhammad.

  • Beriman kepada hari akhir dan akhirat

Dalam surat Al Baqarah ayat 1-5 juga terdapat perintah untuk beriman terhadap hal ghaib, dalam hal ini hari akhir dan akhirat termasuk ke dalam hal ghaib. Beriman kepada hari akhir dan akhirat berarti beriman bahwa hidup manusia di dunia ini hanya sementara dan dunia akan lenyap ketika kiamat tiba. Umat manusia hanya akan kekal di akhirat kelak dan mendapat balasan sesuai dengan iman dan amalnya masing-masing.

Dapat disimpulkan bahwa perintah Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah Ayat 1-5 merupakan rukun iman umat muslim yang kita ketahui saat ini. Selebihnya ada merupakan perintah menegakkan salat dan bersedekah yang termasuk dalam lima rukun islam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper