Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Surat At Taubah Ayat 105: Bacaan Arab, Latin serta Arti Lengkapnya

Secara ringkas surat At Taubah ayat 105 menerangkan tentang kerja keras dan tanggung jawab atas hal yang telah dilakukan. Ini penjelasan lengkapnya.
Surat At Taubah Ayat 105, Lafal dan Isi Kandungannya (unsplash)
Surat At Taubah Ayat 105, Lafal dan Isi Kandungannya (unsplash)

Bisnis.com, JAKARTA - Surat At-Taubah merupakan surat ke 9 dalam Al Quran. Surat ini terdiri atas 129 ayat dan tergolong Surat Madaniyah.

Surat At Taubah ini berarti pengampunan Pada artikel ini akan dibahas terkait dengan kandungan Surat At-Taubah ayat 105.

Bacaan Surat At-Taubah Ayat 105

Berikut ini bacaan dan arti dari surat At-Taubah ayat 105.

وَقُلِ اعْمَلُوا فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

 

Surat At Taubah ayat 105 latin:

wa quli’malu fa sayarallahu ‘amalakum wa rasuluhu wal mu’minu, wa saturaddunaa ilaa ‘alimil gaibi wasysyahadatii fa yunabbi’ukum bima kuntum ta’malun.

Arti surat At taubah ayat 105:

Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan. (Q.S. At Taubah: 105).

Isi Kandungan Surat At Taubah Ayat 105

Sama halnya dengan ayat Al-Quran lainnya, surat At Taubah ayat 105 juga memiliki pesan atau isi kandungan yang penting untuk dipelajari. Berikut beberapa isi kandungan yang terdapat pada ayat tersebut.

  1. Pada surat at-taubah ayat 105 memerintahkan orang beriman untuk beramal dan bekerja. Sebaliknya orang beriman dilarang memiliki sikap malas-malasan dan membuang-buang waktu.
  2. Ayat ini juga memotivasi umat Islam untuk bisa bersungguh-sungguh dalam mengerjakan amal baik dan pekerjaan. Proses tersebut yang dilihat dan juga dinilai oleh Allah SWT. Sementara itu, hasil yang didapat tidak menjadi penilaian Allah.
  3. Allah melihat serta menilai setiap amal ibadah dari hamba-Nya. Setiap amalan perlu dilakukan dengan ikhlas dan bukanlah karena riya' serta mengharapkan pujian dari manusia. Hal ini menjadi etos kerja seorang muslim.
  4. Setiap manusia tentu akan kembali pada Allah dan mempertanggungjawabkan segala amal perbuatannya.
  5. Allah Maha Mengetahui untuk seluruh perbuatan manusia yang tersembunyi atau terang-terangan. Allah Maha Mengetahui niat serta kualitas amal dari hamba-Nya.

Tafsir Surat At Taubah Ayat 105

Selain isi kandungan At Taubah ayat 105, terdapat juga beberapa tafsir mengenai ayat tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Beramal dan Bekerja

وَقُلاعْمَلُوا

Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu,

Tafsir dari Buya Hamka menjelaskan bahwa amal merupakan pekerjaan, usaha, serta perbuatan dan keaktifan hidup. Selain beribadah, umat Islam juga harus bekerja dan terus berusaha.

2. Seluruh Amal akan Dipertanggung Jawabkan

 

وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

“dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan”.

Pada surat At Taubah ayat 105 juga dijelaskan bahwa seluruh manusia akan kembali kepada Allah dan akan mempertanggungjawabkan amal perbuatannya. Allah SWT akan memberikan balasan untuk setiap amal yang dilakukan.

3. Allah Melihat Amal dan Pekerjaan

فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ

“Maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu”.

Pada surat At-Taubah ayat 105 ini juga dijelaskan bahwa Allah melihat segala amal hamba-Nya. Allah memotivasi hamba-Nya untuk bisa beramal dengan ikhlas serta bersungguh-sungguh. Tidak perlu mencari popularitas, tidak perlu mengejar pujian, karena Allah SWT hanya melihat amal-amal tersebut.

Semasa Rasulullah SAW hidup beliau melihat amal-amal itu. Demikian juga kaum mukminin akan melihat amal-amal tersebut. Ada satu hal yang menarik pada firman Allah ini yaitu amalakum yang maknanya amalmu, pekerjaanmu, usahamu. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa yang dilihat Allah bukan hasil dari usahanya, bukan hasil dari pekerjaannya.

Demikian penjelasan bacaan surat At Taubah ayat 105, arti kandungan, hingga tafsirnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper