Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Surat An Nur Ayat 2, Arti, dan Isi Kandungannya Lengkap

Surat An Nur ayat 2 menerangkan tentang hukum bagi pezina dalam Islam. Simak bacaan Surat An Nur ayat 2 arab, latin dan terjemahan lengkapnya.
Lafal Surat An Nur Ayat 2, Arti, dan Isi Kandungannya (pixabay).jpg
Lafal Surat An Nur Ayat 2, Arti, dan Isi Kandungannya (pixabay).jpg

Bisnis.com, JAKARTA - An Nur merupakan surat ke-24 di dalam Al Qur’an. Surat ini tergolong surat Madaniyah atau surat yang diturunkan oleh Allah SWT ketika Rasulullah SAW hijrah ke Madinah.

Dalam surat An Nur ayat 2 menegaskan tentang hukuman bagi pezina, baik laki-laki maupun perempuan. 

Dalam Islam, perbuatan zina dikategorikan ke dalam hukuman hudud yakni hukuman yang menjadi hak Allah SWT.

Tidak ada seorang yang berhak memaafkan kemaksiatan tersebut, termasuk pihak yang berkaitan dengannya. Lalu, bagaimana arti surat An-Nur ayat 2 dan isi kandungannya? Berikut ini penjelasannya. 

Surat An Nur Ayat 2 dan Artinya

Berikut ini Surat An Nur Ayat 2 dalam tulisan Arab, latin dan artinya :

ٱلزَّانِيَةُ وَٱلزَّانِى فَٱجْلِدُوا۟ كُلَّ وَٰحِدٍ مِّنْهُمَا مِا۟ئَةَ جَلْدَةٍ ۖ وَلَا تَأْخُذْكُم بِهِمَا رَأْفَةٌ فِى دِينِ ٱللَّهِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۖ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَآئِفَةٌ مِّنَ ٱلْمُؤْمِنِينَ

Arab-Latin: 

Az-zaaniyatu waz-zaanaa fajlidụ kulla waaḥidim min-humaa mi`ata jaldatiw wa laa ta`khuzkum bihimaa ra`fatun fii diinillaahi ing kuntum tu`minụna billaahi wal-yaumil-aakhir, walyasy-had 'azaabahumaa ṭaa`ifatum minal-mu`miniin

Artinya: 

“Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya sebanyak seratus kali dera, dan janganlah berbelas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman” (An-Nur ayat 2).

Isi Kandungan Surat An Nur Ayat 2

Berikut ini beberapa isi kandungan surat An Nur ayat 2 :

  1. Kandungan surat An Nur ayat 2 menunjukkan bahwa Islam tegas dalam melarang zina demi menjaga kehormatan diri manusia. 
  2. Hukuman had bagi pelaku zina yang belum menikah adalah didera sebanyak 100x dan menurut jumhur ulama ditambah dengan diasingkan selama 1 tahun. Sedangkan pezina yang sudah menikah dihukum dengan cara dirajam. 
  3. Hukum Allah harus ditegakkan dan rasa kasihan tidak boleh sampai mengendurkan hukum Allah.
  4. Melaksanakan hukum Allah merupakan barometer keimanan sebab hanya orang yang beriman dan pemerintah mukmin yang berkomitmen kuat menerapkan hukum ini. 
  5. Hukuman had harus disaksikan oleh sekumpulan orang mukmin agar memberikan pelajaran dan efek jera bagi orang yang melakukannya, orang yang berkeinginan untuk melakukannya, dan orang yang menyaksikannya. 

Hukum Berzinah Menurut Surat An Nur Ayat 2

Arti surat An Nur ayat 2 ini menjelaskan tentang hukum had bagi orang yang berzina sebelum menikah yakni didera 100x. Adapun pezina yang sudah menikah adalah dirajam. Hukuman tersebut tidak memandang gender sehingga dapat diberlakukan untuk kaum laki-laki dan perempuan.

Hanya orang-orang beriman dan pemerintahan mukmin saja yang berkomitmen menerapkan hukum ini. Maka dari itu, penegakannya menjadi sebuah parameter keimanan. 

Arti surat An Nur ayat 2 juga tidak membolehkan seseorang mengendurkan hukuman had hanya karena kasihan, meskipun hukuman tersebut diberikan kepada kaum perempuan. 

Menurut Sayyid Quthb dalam Tafsir Fi Zilalil Quran menjelaskan bahwa pelaksanaan had harus disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman. Tujuannya agar memberi efek jera, mempengaruhi jiwa orang yang telah melakukannya, dan bagi orang yang menyaksikan hukuman had tersebut. Menurut Imam Syafi'i, sekumpulan maksudnya sebanyak empat orang atau lebih. Sedangkan menurut Hasan Al Basri, minimal sepuluh orang. 

Islam memang keras dalam menghukum orang yang berzina. Hukum hadd bertujuan untuk menjaga kehormatan manusia, menjaga garis nasab dan keturunan agar jelas, suci, serta tidak terkotori.

Itulah Bacaan Surat An Nur ayat 2 beserta terjemahan dan artinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper