Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Al Quran Surat Yusuf Ayat 4: Dipermudah Bertemu Jodoh

Mengamalkan Surat Yusuf Ayat 4 dipercaya bisa mendatangkan banyak kebaikan, salah satunya adalah dipermudah untuk bertemu dengan jodoh. Berikut ulasannya
Lafal Surat Yusuf Ayat 4 dan Cara Mengamalkannya (freepik)
Lafal Surat Yusuf Ayat 4 dan Cara Mengamalkannya (freepik)

Bisnis.com, JAKARTA - Surat Yusuf merupakan surat ke-12 dalam kitab suci Al-Qur’an. Surat Yusuf terdiri dari 111 ayat.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar surat Yusuf ayat 4. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Lafal QS Yusuf Ayat 4 dan Artinya

Yusuf yang dimaksud di surat ini adalah Nabi Yusuf a.s. Nabi Yusuf dikenal dengan ketampanannya dan kehebatannya menafsirkan mimpi. Keistimewaan Nabi Yusuf juga tertuang dalam surat Yusuf ayat 4. 

Lafal Arab Surat Yusuf Ayat 4:

اِذْ قَالَ يُوْسُفُ لِاَبِيْهِ يٰٓاَبَتِ اِنِّيْ رَاَيْتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَاَيْتُهُمْ لِيْ سٰجِدِيْنَ

Iż qāla yụsufu li`abīhi yā abati innī ra`aitu aḥada 'asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra`aituhum lī sājidīn

Arti surat Yusuf Ayat 4:

“(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: "Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku".

Jika dilihat dari arti ayat tersebut, dapat dijelaskan bahwa Nabi Yusuf a.s. berkata kepada ayahnya yaitu Nabi Ya’qub bin Ishaq bin Ibrahim mengenai mimpi yang dialami Nabi Yusuf. Mimpi tersebut berupa peristiwa sebelas bintang, matahari, dan bulan yang bersujud kepada Nabi Yusuf. 

Tafsir Surat Yusuf Ayat 4:

Adapun tafsir surat yusuf ayat 4 dalam Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir (Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah) dapat dimaknai sebagai kemuliaan yang dicapai oleh Nabi Yusuf dimana sebelas bintang yang menggambarkan sebelas saudaranya serta matahari dan bulan yang menggambarkan bapak dan ibunya bersujud kepada Nabi Yusuf a.s. Sujud di sini bukan berarti tunduk seperti sujud kita kepada Allah SWT, melainkan memiliki makna rasa hormat yang tinggi akan kemuliaan Nabi Yusuf a.s.

Cara Mengamalkan Surat Yusuf Ayat 4

Dalam buku yang berjudul “Takdir dan Mukjizat Manusia Tertampan Yusuf Alaihi Salam” disebutkan beberapa poin keutamaan dan cara mengamalkan surat yusuf ayat 4. Berikut penjelasannya.

  • Mendatangkan Jodoh

Membaca Surat Yusuf ayat 4 diyakini dapat mendatangkan jodoh bagi kaum muslim yang belum memiliki pasangan. Ada beberapa cara pengamalan yang bisa dilakukan, antara lain:

  1. Membaca surat yusuf ayat 4 sebanyak tiga kali sebelum bertemu orang yang kita sayangi.
  2. Membaca surat yusuf ayat 4 sebanyak minimal 7 kali setelah selesai shalat fardhu dengan harapan dipercepat untuk bertemu dengan jodoh.
  3. Membaca surat yusuf ayat 4 sebanyak tiga kali setelah shalat untuk mendapatkan rasa sayang dari masyarakat.
  • Membuat Wajah Berseri

Selain mendatangkan jodoh, mengamalkan surat yusuf ayat 4 diyakini dapat membuat wajah pembacanya menjadi berseri dan nyaman dipandang oleh orang sekitar dengan cara membaca surat yusuf ayat 4 setelah selesai shalat.

  • Mendatangkan Rasa Cinta dan Kasih Sayang

Dengan membaca surat yusuf ayat 4 diyakini dapat menjadikan orang sekitar kita lebih mencintai dan menyayangi kita. Tata cara pengamalan yang diyakini yaitu dengan cara membaca surat yusuf ayat 4 berulang kali dengan repetisi angka ganjil, misalnya satu kali, tiga kali, dan seterusnya.

Demikian informasi mengenai Surat Yusuf ayat 4, mulai dari bahasa Arab, latin serta arti dan tafsirnya hingga keutamaan serta cara mengamalkannya. Tak hanya itu, membaca ayat Al-Quran juga menjadi salah satu ibadah yang bernilai pahala, terlebih saat bulan Ramadhan seperti saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper