Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

QS Al-Baqarah Ayat 83, Arab, Latin dan Tafsir Lengkap

Surat Al-Baqarah ayat 83 menerangkan tentang perintah berbuat baik. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Lafal QS Al Baqarah Ayat 83, Arti, dan Isi Kandungannya (pixabay)
Lafal QS Al Baqarah Ayat 83, Arti, dan Isi Kandungannya (pixabay)

Bisnis.com, JAKARTA - Al Baqarah merupakan surat Madaniyyah atau surat yang diturunkan oleh Allah SWT ketika Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Surat Al-Baqarah ayat 83 berisi tentang ajaran berbuat baik. 

Dalam Surat Al Baqarah ayat tersebut mengisahkan tentang perjanjian Bani Israil kepada Allah SWT untuk berpegang teguh terhadap pokok-pokok agama, dimulai dari tauhid, berbuat ihsan atau baik kepada orang tua dan manusia, sampai mendirikan salat dan menunaikan zakat. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Surat Al-Baqarah Ayat 83 dan Artinya

Berikut ini QS Al Baqarah ayat 83, latin, dan artinya. 

وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَٰقَ بَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ لَا تَعْبُدُونَ إِلَّا ٱللَّهَ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَانًا وَذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَقُولُوا۟ لِلنَّاسِ حُسْنًا وَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ إِلَّا قَلِيلًا مِّنكُمْ وَأَنتُم مُّعْرِضُونَ

Wa iz akhaznaa miisaaqa banii israa`iila laa ta'budụna illallaaha wa bil-waalidaini ihsaanaw wa zil-qurbaa wal-yataamaa wal-masaakiini wa qulu lin-naasi husnaw wa aqiimus-salaata wa aatuz-zakaah, summa tawallaitum illaa qaliilam mingkum wa antum mu'riduun

Arti surat Al-Baqarah ayat 83

“Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat baiklah kepada ibu, bapak, para kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata baik kepada manusia, dirikanlah shalat, dan tunaikanlah zakat. Lantas kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling” (QS. Al-Baqarah: 83).

Isi Kandungan Surat Al-Baqarah Ayat 83

Dari ayat tersebut, kita bisa mempelajari beberapa hal. Berikut ini isi kandungan Al Baqarah ayat 83 yang dapat dipelajari. 

1. Allah mengambil perjanjian Bani Israil yang berisi pokok-pokok agama

Dalam penggalan QS Al Baqarah ayat 83 yang bunyinya “ وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَاقَ بَنِي إِسْرَائِيلَ “, Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir mengatakan bahwa Allah mengambil sumpah Bani Israil untuk melaksanakan janji tetapi mayoritas dari mereka ingkar. 

2. Kewajiban untuk menyembah Allah SWT dan tidak menyekutukan-Nya.

Pada potongan yang bunyinya “ لَا تَعْبُدُونَ إِلَّا اللَّهَ “, Ibnu Katsir menerangkan bahwa kaum Bani Israil diperintahkan untuk menyembah Allah SWT dan tidak menyekutukan-Nya. 

3. Berbuat ihsan kepada orang tua, kerabat, anak yatim, dan orang miskin

Isi kandungan Surat Al Baqarah ayat 83 lainnya yaitu perintah untuk berbuah ihsan. Perlu diketahui bahwa ihsan artinya kebaikan. 

Dalam Surat Al Baqarah ayat 83 diterangkan bahwa  “ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَانًا وَذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ “, yang berisi perintah Allah untuk berbuat ihsan atau baik kepada orang tua dan manusia. Setelah itu, baru berbuat baik kepada kerabatnya, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin. 

4. Wajib berkata baik kepada orang lain 

Selain itu, pada penggalan ayat tersebut yang berbunyi “ وَقُولُوا لِلنَّاسِ حُسْنًا “, berisikan perjanjian berikutnya yakni perintah untuk berbicara baik kepada orang lain. Tidak hanya dengan kata-kata indah, tetapi juga dengan kata-kata yang benar sehingga terkandung di dalamnya perintah amar ma’ruf nahi munkar. 

5.  Kewajiban mendirikan sholat dan menunaikan zakat.

Potongan ayat yang berbunyi “ وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ “, berisikan perjanjian untuk mendirikan salat dan menunaikan zakat. Kedua hal tersebut telah diperintahkan sejak masa Nabi Adam hingga saat ini. Meskipun demikian, tata cara dan ukurannya berbeda sesuai dengan syariat pada zamannya. 

Itulah penjelasan seputar surat Al-Baqarah ayat 83 lengkap dengan isi kandungannya yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain ayat tersebut, Anda juga perlu mempelajari dan mengamalkan ayat Al-Quran lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper