Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kremlin Angkat Bicara soal Pertemuan Putin dan Xi Jinping

Juru Bicara Presiden Rusia Dmitry Peskov mengatakan bahwa Kremlin akan bicara perihal pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping.
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China  Xi Jinping pada bulan Februari. Bloomberg/Getty Images
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping pada bulan Februari. Bloomberg/Getty Images

Bisnis.com, JAKARTA - Juru Bicara Presiden Rusia Dmitry Peskov mengatakan bahwa Kremlin akan bicara perihal pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping, jika agenda itu diumumkan secara resmi. 

Saat ditanya Putin dan Xi mungkin mendiskusikan rencana China untuk menyelesaikan situasi di Ukraina, dia menjawab akan membahagas hal itu setelah ada pengumuman. 

"Saya tidak tahu. Begitu kami membuat pengumuman, kami dapat mengatakan sesuatu, kami belum membuat pengumuman apapun (tentang kunjungan presiden China)," katanya dilansir dari TASS pada Selasa (14/3/2023). 

Peskov menambahkan bahwa kedua belah pihak  biasanya mengumumkan kunjungan tersebut secara bersamaan.

Xi bermaksud mengunjungi Rusia untuk bertemu dengan Putin yang akan dilaksanakan paling cepat pada pekan depan. 

Berdasarkan informasi yang beredar di jejaring media sosial, diduga jadwal pertemuan Putin dengan mitranya dari China pada 21 Maret. 

Kedua pemimpin itu terakhir kali bertemu secara langsung di sela-sela KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) di Kota Samarkand, Uzbekistan pada September 2022. 

Putin mengadakan panggilan konferensi video dengan Xi pada Desember 2022, dan mengundangnya untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Rusia pada musim semi 2023.

Sebelumnya, Peskov mengatakan bahwa semua kunjungan yang dilakukan ke Rusia oleh tamu asing akan diumumkan pada waktunya. 

"Sejauh ini, kami tidak memiliki apa-apa untuk dikatakan mengenai masalah ini. Semua kunjungan ke Rusia oleh tamu asing diumumkan pada waktunya," lanjutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper