Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hercules TNI-AU Jalankan Misi Perdana Angkut Logistik di Turki

Misi kemanusiaan Indonesia untuk Turki berlanjut. Tidak sekadar mengirim bantuan logistik, juga pesawat TNI AU juga mendistribusikan bantuan logistik.
Pemerintah Indonesia memperbantukan pesawat angkut Hercules C-130 beserta awak pesawatnya kepada Pemerintah Turki. Pesawat yang datang ke Turki untuk mengangkut peralatan SAR serta bantuan kemanusiaan gelombang pertama (12/2) tersebut diperpanjang masa penugasannya dan diperbantukan untuk mengangkut logistik dari berbagai daerah di Turki ke wilayah yang terdampak gempa. Pesawat  yang memiliki daya angkut 10 ton tersebut, akan diperbantukan kepada pihak Turki hingga tanggal 20 Febaruri 2023./Dok. KBRI Ankara
Pemerintah Indonesia memperbantukan pesawat angkut Hercules C-130 beserta awak pesawatnya kepada Pemerintah Turki. Pesawat yang datang ke Turki untuk mengangkut peralatan SAR serta bantuan kemanusiaan gelombang pertama (12/2) tersebut diperpanjang masa penugasannya dan diperbantukan untuk mengangkut logistik dari berbagai daerah di Turki ke wilayah yang terdampak gempa. Pesawat yang memiliki daya angkut 10 ton tersebut, akan diperbantukan kepada pihak Turki hingga tanggal 20 Febaruri 2023./Dok. KBRI Ankara

Bisnis.com, JAKARTA – Misi kemanusiaan Indonesia untuk Turki berlanjut. Tidak sekadar mengirim bantuan logistik, juga kesiagaan kru dan pesawat TNI AU mendistribusikan bantuan logistik dan mengevakuasi para pengungsi terdampak gempa.

Tidak sempat parkir lama, pesawat Hercules C-130 TNI AU yang diperbantukan kepada Pemerintah Turki untuk membantu penanggulangan bencana gempa bumi langsung menjalankan tugas kemanusiaannya.

Flight Commander dalam misi kali ini, Kolonel (PNB) Wisoko menjelaskan, bahwa debut pertama Hercules C-130 sebagai pesawat kemanusiaan di Turki dimulai dengan mengangkut logistik dari bandara militer Etimesgut, Ankara ke Kahramanmaras, salah satu daerah paling terdampak bencana gempa bumi.

“Hari ini kita sudah mulai mengangkut logistik kemanusiaan dari Ankara ke Kahramanmaras, satu daerah paling terdampak. TNI AU bangga bisa ikut meringankan beban saudara kita di Turki. Ini sesuai harapan menteri pertahanan dan pimpinan TNI saat memutuskan mengerahkan pesawat ini ke Turki,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Rabu (15/2/2023).

Operasi kemanusiaan yang dilakukan pesawat dengan nomor registrasi A-1326 ini di Turki.

“Kami terus berkoordinasi dengan Angkatan Udara Turki dan AFAD untuk jadwal penerbangan-penerbangan berikutnya. Yang jelas kami siap membantu saudara kami 24 jam”, imbuhnya.

Mantan Atase Pertahanan di KBRI Tokyo ini menjelaskan bahwa upaya bantuan ini juga dilakukan sesuai dengan arahan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto yang menginstruksikan agar kru beserta pesawat angkut Hercules C-130 TNI Angkatan Udara (TNI AU) dari Skadron Udara 32, Lanud Abd. Saleh Malang, untuk melanjutkan masa tugas mereka di Turki.

Sekadar informasi, sejak gempa pada Senin (6/2/2023), Pemerintah Turki terus memobilisasi logistik ke daerah-daerah terdampak bencana. Ribuan alat berat dikirimkan dari berbagai daerah di Turki untuk melakukan eskavasi reruntuhan gedung dan untuk menyiapkan tempat-tempat pengungsian.

Suplai tenda, bahan makanan dan kebutuhan hidup lainnya bagi para korban juga terus didatangkan. Sementara jalur suplai logistik melalui darat banyak yang tidak berfungsi akibat gempa. Pengangkutan logistik melalui udara, khususnya dengan pesawat transport militer, menjadi opsi paling baik yang bisa dilakukan saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper