Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Beruntun dalam 1 Jam, 4 Kota Diguncang Gempa Hari Ini

4 Kota sekaligus diguncang gempa hari ini, Minggu 4 Desember 2022, dalam waktu 1 jam dengan jeda waktu yang tak jauh
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 04 Desember 2022  |  15:46 WIB
Beruntun dalam 1 Jam, 4 Kota Diguncang Gempa Hari Ini
Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sejumlah fenomena gempa yang mengguncang 4 wilayah di Indonesia pada Minggu (4/11/2022) siang. 

Mengutip dari Twitter @infobmkg, guncangan gempa yang terjadi di Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur (NTT), Sigi Sulawesi Tengah, Purwakarta Jawa Barat, dan Selayar Sulawesi Selatan bahkan terjadi dalam kurun waktu satu jam.  

Adapun, gempa dengan kekuatan terbesar terjadi di Alor, NTT dengan guncangan sebesar magnitudo 4,3. Gempa ini terjadi pada pukul 12.31 WIB. 

Gempa berkedalaman 350 km ini berpusat di 113 km timur laut Alor NTT. Lokasi tersebut terletak di 7,53 lintang selatan dan 125,23 bujur timur. 

25 menit berselang, BMKG kemudian melaporkan gempa berkekuatan magnitudo 2,7 yang terjadi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. 

Gempa yang terjadi pada pukul 12.56 WIB ini berpusat di 55 km timur laut Sigi dengan kedalaman 10 km dan titik koordinat di 1,03 lintang selatan dan 120,23 bujut timur. 

Guncangan gempa selanjutnya dirasakan di Kabupaten Selayar, Sulawesi Tengah. Gempa berkekuatan magnitudo 3,3 ini berpusat di 127 km tenggara Selayar dengan kedalaman 113 km. Lokasi ini terletak pada koordinat 7,11 lintang selatan dan 121,3 bujur timur. 

Adapun, BMKG selanjutnya melaporkan guncangan gempa yang kali ini terjadi di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Gempa yang terjadi pada pukul 13.43 ini berpusat di 20 km barat daya Purwakarta dengan kedalaman 12 km. 

BMKG menyampaikan, lokasi tersebut terletak pada 6,69 lintang selatan dan 107,32 bujur timur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa gempa bumi Gempa Cianjur
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top