Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beruntun! Setelah Garut, Kupang dan Luwu Timur Diguncang Gempa

Setelah Garut, secara beruntun terjadi gempa di sejumlah daerah di Indonesia, seperti Kupang dan Luwu Timur. Sebelumnya gempa juga terjadi di Melonguane.
Ilustrasi gempa/Antara
Ilustrasi gempa/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kabupaten Garut pada sore hari ini, Sabtu (3//12/2022), diguncang gempa berkekuatan magnitudo 6,4. Setelah itu, sejumlah daerah pun diguncang gempa, seperti Kupang, NTT, dan Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Berdasarkan laporan Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Garut diguncang gempa pukul 16.42 WIB. Gempa terjadi di 52 kilometer arah barat daya Garut, Jawa Barat. Gempa berada di titik 7.49 LS, 107.58 BT. Kedalaman gempa pada 118 kilometer.

Kurang dari sejam, BMKG melaporkan terjadi gempa di Kabupaten Kupang, NTT, dengan magnitudo 3.1. Gempa terjadi pada pukul  17:29 WIB di lokasi 10.35 LS, 123.84 BT atau 40 km barat daya Kupang. Kedalaman gempa 10 Kkilometer. 

Sekitar 10 menit kemudian terjadi gempa di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, dengan kekuatan magnitudo 2,6. Tepatnya gempa terjadi pada pukul 17:40 WIB di lokasi 2.54 LS, 121.24 BT atau 9 kilometer Timur Laut Luwu Timur. Kedalaman gempa 10 kilometer.

Sebelum peristiwa gempa Garut, tepatnya pukul 15:55 WIB telah terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo 3,9 di Melonguane, Sulawesi Utara. Lokasi gempa 3.12 LU, 126.49 BT atau 99 kilometer barat daya Melonguane. Kedalaman gempa 42 kilometer.

Gempa Garut pada hari ini terasa hingga DKI Jakarta dan sekitarnya. Bila dibandingkan dengan Gempa Cianjur, gempa ini lebih besar dengan perbandingan magnitudo 5,6 dengan 6,4. Namun, gempa Garut lebih dalam dibandingkan dengan Cianjur, yakni 118 kilometer berbanding 10 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hendri T. Asworo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper