Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Guntur Jadi Hakim MK, Anwar Usman Pastikan Independensi Tetap Terjaga

Ketua MK Anwar Usman memastikan bahwa independensi di dalam badan hakim konstitusi akan tetap berjalan di setiap keputusan yang akan dikeluarkan.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 23 November 2022  |  16:09 WIB
Guntur Jadi Hakim MK, Anwar Usman Pastikan Independensi Tetap Terjaga
Guntur Jadi Hakim MK, Anwar Usman Pastikan Independensi Tetap Terjaga/ ANTARA FOTO - Muhammad Adimaja
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman memastikan independensi dalam pengambilan setiap keputusan tetap terjaga, di tengah polemik imbas pergantian hakim yang dilakukan sepihak oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). 

"Saya pastikan bahwa hakim setiap kali mengucapkan putusan selalu dimulai Demi keadilan berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa jadi pertanggungjawaban langsung kepada Allah selain kepada masyarakat bangsa dan Negara sehingga independesinya pasti ada,” ujarnya di kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (23/11/2022).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa meskipun Hakim merupakan pihak yang memegang sebuah keputusan apapun, tetapi tekanan dari luar tidak boleh mempengaruhi segala determinasi yang ada.

“Indepedensi itulah yang dilaksanakan oleh para hakim MK selama ini. Jadi, soal independensi hakim itu ada dalam dirinya masing-masing," kata Anwar.

Sayangnya, Anwar pun tak berkomentar terkait kontroversi pencopotan hakim MK Aswanto yang digantikan oleh Guntur Hamzah. Menurutnya, dia tidak memiliki kewenangan untuk mengomentari keputusan itu.

Dia menyebutkan, sikap MK mengenai pencopotan Aswanto dapat dilihat dari putusan mengenai perkara tersebut yang akan dibacakan pada Rabu (23/11/2022) siang hari ini.

Adapun, Guntur telah mengucapkan sumpahnya sebagai hakim MK di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah dipilih DPR menggantikan Aswanto lantaran yang bersangkutan diduga kerap menganulir produk undang-undang yang dibuat oleh DPR, padahal dirinya merupakan hakim konstitusi yang dipilih oleh parlemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mahkamah konstitusi hakim hakim mk dpr
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top