Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Putin Full Senyum, Rusia OTW Jadi Raksasa Energi Dunia, Kok Bisa?

Rusia selangkah lagi berpotensi jadi raksasa energi dunia jika Vladimir Putin pada akhirnya mendapat bantuan dari Iran.
Vladimir Putin
Vladimir Putin

Bisnis.com, SOLO - Pemimpin Rusia, Vladimir Putin, auto full senyum setelah mendapat kabar baik dari Iran.

Bagaimana tidak, Iran dikabarkan siap memberi bantuan kepada Rusia dengan memasok 40 turbin. Gunanya adalah untuk membantu industri gas Kremlin di tengah sanksi Barat.

“Keberhasilan industri Iran tidak terbatas pada bidang rudal dan drone,” kata CEO Perusahaan Pengembangan dan Teknik Gas Iran, Reza Noishadi seperti dikutip dari Shana.

“Saat ini, 85 persen fasilitas dan peralatan yang dibutuhkan oleh industri gas dibangun di dalam negeri, dan berdasarkan kemampuan ini, baru-baru ini telah ditandatangani kontrak untuk mengekspor 40 turbin buatan Iran ke Rusia,” tambahnya.

Noushadi tidak merinci kapan kontrak ditandatangani, dan kapan turbin akan dikirim.

Menyusul pengenaan sanksi ekonomi atas serangan Kremlin di Ukraina, Rusia mengurangi atau menghentikan pasokan ke berbagai negara Eropa, menyebabkan harga energi melonjak.

Kremlin menegaskan sanksi telah mencegah pemeliharaan infrastruktur gas Rusia dan memblokir kembalinya turbin Siemens yang telah menjalani perbaikan di Kanada.

“Beri kami turbin, kami akan menyalakan Nord Stream besok”, kata Putin di forum Vladivostok pada bulan September, merujuk pada pipa gas vital antara Rusia dan Jerman.

Negara-negara Barat menuduh Rusia menggunakan pasokan gas sebagai "senjata".

Noushadi mengatakan sanksi AS terhadap Rusia bertujuan untuk mengecualikan Moskow dari pasar gas. Namun tampaknya kondisi akan segera berbalik.

Bagaimana tidak, Rusia dan Iran memiliki beberapa cadangan gas terbesar di dunia, dan keduanya berada di bawah sanksi ketat AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Sumber : Shana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper