Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemendagri: Pemerintah Akan Tindak Lanjuti Usul Perppu Pemilu Soal DOB Papua

Pemerintah melalui Kemendagri akan menindaklanjuti usul terkait penerbitan Perppu terkait UU Pemilu untuk mengakomodir tiga daerah otonom baru di Papua.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 01 September 2022  |  17:55 WIB
Kemendagri: Pemerintah Akan Tindak Lanjuti Usul Perppu Pemilu Soal DOB Papua
Kemendagri: Pemerintah Akan Tindak Lanjuti Usul Perppu Pemilu Soal DOB Papua. Ditjen Polpum Kemendagri Bahtiar - Antara\\n \\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menindaklanjuti usul terkait penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) terkait Undang-undang 7/2017 tentang Pemilu (UU Pemilu).

Sebelumnya, Komisi II DPR telah menyetujui diterbitkan Perppu Pemilu untuk mengakomodir tiga daerah otonomi baru (DOB) di Papua, Rabu (31/8/2022).

"Dari Komisi II kemarin ya kan pemerintah ditugaskan untuk membuat rumusan-rumusan. Nah nanti kami dalami, bahas-bahas internal dulu. Prinsipnya pemerintah kan harus dirapikan dulu," ujar Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) Kemendagri Bahtiar kepada awak media di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Bahtiar menjelaskan pihaknya masih akan merancang Perppu Pemilu sesuai poin-poin masukan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Setelah itu, Kemendagri akan kembali meminta kembali masukan dari KPU, Bawaslu, dan DKPP sebelum meminta persetujuan dari DPR.

"Rumusannya pas apa ndak. Kan mereka yang akan menjalani," ujar Bahtiar.

Dia juga menegaskan sebelum Oktober 2022, Perppu Pemilu sudah dapat selesai sebab draf awalnya sudah siap. Saat ini, lanjutnya, Kemendagri masih akan membahas Perppu tersebut dengan tim teknis.

Menurut Bahtiar, nantinya Perppu Pemilu akan mengakomodir tiga DOB yaitu Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan agar ikut serta dalam Pemilu dan Pilkada serentak 2024. Seperti diketahui, dalam lampiran UU Pemilu saat ini, daerah pemilihan (dapil) di tiga DOB Papua tersebut belum ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpu dpr perppu pemilu papua
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top