Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

KPU Pastikan Akan Ada Tambahan Anggaran Pemilu untuk Tiga DOB Papua

KPU memastikan akan ada tambahan anggaran Pemilu 2024 untuk sarana dan prasaran di tiga DOB Papua, tetapi jumlahnya masih dikaji.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 01 September 2022  |  17:31 WIB
KPU Pastikan Akan Ada Tambahan Anggaran Pemilu untuk Tiga DOB Papua
KPU Pastikan Akan Ada Tambahan Anggaran Pemilu untuk Tiga DOB Papua - Bisnis / Surya Dua Artha Simanjuntak
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik memastikan akan ada tambahan anggaran Pemilu 2024 untuk sarana dan prasaran di tiga daerah otonom baru (DOB) Papua, yaitu Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan.

"Ada tambahan untuk sarana dan prasarana, dan sedang kami kaji jumlahnya," ujar Idham saat dihubungi Bisnis, Kamis (1/9/2022).

Meskipun demikian, jumlah penambahan anggaran tersebut belum diungkap karena masih dalam kajian oleh KPU. Apalagi, lanjutnya, KPU belum merancang soal penambahan jenis surat suara di tiga DOB Papua.

"Waktu itu kita belum rancang, misal ketika ada jenis surat suara yang baru dalam artian Pemilu DPD, Pemilu DPR, Pemilu DPRD Provinsi," jelasnya.

Idham melanjutkan, penambahan anggaran tersebut tak lepas dari keputusan Komisi II DPR yang telah menyetujui diterbitkan Perppu UU Pemilu untuk mengakomodir tiga DOB di Papua.

Komisi II DPR juga telah meminta pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menindaklanjuti usul terkait penerbitan Perppu UU Pemilu.

Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) Kemendagri Bahtiar memastikan pihak akan segera menyelesaikan Perppu tersebut.

Menurutnya, sebelum Oktober 2022 Perppu UU Pemilu sudah dapat selesai sebab draft awalnya sudah siap. Saat ini, lanjutnya, Kemendagri masih akan membahas Perppu tersebut dengan tim teknis.

Nantinya, Perppu UU Pemilu akan mengakomodir tiga DOB Papua agar bisa ikut serta dalam Pemilu dan Pilkada serentak 2024. Seperti diketahui, dalam UU Pemilu saat ini, daerah pemilihan (dapil) di tiga DOB Papua belum ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpu
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top