Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Bawaslu Terima Laporan PKR dan PBI Terkait Pelanggaran KPU

Laporan Partai Kedaulatan Rakyat (PKR) dan Partai Bhinneka Indonesia (PBI) atas dugaan pelanggaran administrasi Pemilu 2024 KPU diterima.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 26 Agustus 2022  |  18:33 WIB
Bawaslu Terima Laporan PKR dan PBI Terkait Pelanggaran KPU
Ilustrasi Gedung KPU RI, Jakarta. ANTARA - Melalusa Susthira K.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menerima laporan dari Partai Kedaulatan Rakyat (PKR) dan Partai Bhinneka Indonesia (PBI) atas dugaan pelanggaran administrasi Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Menetapkan, menyatakan laporan diterima dan ditindaklanjuti dengan sidang pemeriksaan," ujar Ketua Bawaslu Rahmat Bagja diikuti ketukan palu di Ruang Sidang Kantor Bawaslu, Jakarta, Jumat (26/8/2022).

Dari hasil pemeriksaan, Bawaslu menyatakan laporan kedua parpol tersebut telah memenuhi syarat formil dan materil berdasarkan Perbawaslu 8/2018. Dengan begitu, Bawaslu akan memeriksa dugaan pelanggaran administrasi oleh KPU sesuai laporan dari PKR dan PBI.

Bagja mengatakan sidang lanjutan perkara ini akan dilanjutkan pada Selasa, 29 Agustus 2022. Dalam sidang lanjutan, KPU sebagai terlapor akan memberi jawaban atas dugaan pelanggaran administrasi yang ditujukan kepada mereka.

“Kita putuskan untuk mendengarkan keterangan pelapor, pembacaan laporan, dan jawaban terlapor pada hari Selasa [30/8/2022] pukul 10.00 WIB,” jelas Bagja

Sebagai informasi, PKR dan PBI merupakan dua dari enam belas partai yang KPU nyatakan dokumen persyaratan pendaftarannya sebagai calon peserta Pemilu 2024 tidak lengkap.

Sebelumnya, Bawaslu telah menerima laporan dari Partai Pelita dan Partai Indonesia Bangkit Bersatu (IBU) atas dugaan pelanggaran administrasi Pemilu 2024 oleh KPU pada Kamis (25/8/2022) kemarin. Sidang lanjutan Partai Pelita dan Partai IBU akan diselenggarakan pada Senin (29/8/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bawaslu Pemilu 2024 kpu
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top