Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa Ketika Lupa Baca Doa Makan

Simak doa ketika lupa membaca doa makan, doa ini dapat dibaca ketika ingat di tengah-tengah makan.
Ilustrasi lupa baca doa makan,/nu.or.id
Ilustrasi lupa baca doa makan,/nu.or.id

Bisnis.com, JAKARTA - Di pagi hari, kita terbangun dari tidur yang lelap. Ada doa bangun tidur yang perlu kita baca. Sejak saat itu juga ada berbagai doa yang bisa dibaca oleh umat Islam sepanjang hari. Setelah doa bangun tidur, kemudian membaca doa masuk ke kamar mandi untuk berwudhu, hingga doa makan juga akan kita baca. Namun, tahukah kamu cara yang sesuai dengan ajaran Islam Ketika lupa baca doa makan?

Makanan merupakan rezeki dari Tuhan untuk hamba-Nya. Makanan akan membuat tubuh untuk lebih bertenaga untuk menjalani aktivitas seharian. Karena sumber rezeki, maka umat Muslim dianjurkan untuk bersyukur dengan membaca doa Ketika mau makan. Membaca doa mau makan akan membuat makanan menjadi lebih berkah sesudah disantap. 

Sebab, makan akan bernilai ibadah jika diniatkan untuk beribadah. Artinya, makan bertujuan untuk menjaga badan tetap kuat agar bisa melakukan berbagai ibadah. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri terkadang kita juga lupa untuk membaca doa ketika hendak makan. Biasanya, hal ini terjadi Ketika makanan yang dihidangkan sangat lezat atau kita dalam kondisi kelaparan. 

Berikut doa Ketika lupa baca doa makan yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

Dalam hadits, telah dijelaskan mengapa seorang Muslim harus membaca doa sebelum menyantap makanan. Hal ini dikarenakan setan akan ikut kita makan Bersama anak Adam yang tidak membaca doa. Hal ini menyebabkan makanan yang dimakan tidak berkah dan tidak menyehatkan. 

Dalam kitab Al Adzkar, Imam Nawawi radhiyallahu ‘anhu berkata: “jika seseorang meninggalkan membaca “bismillah” di awal karena sengaja, lupa, dipaksa, tidak mampu mengucapkannya karena suatu alasan, lalu ia biasa mengucapkan di tengah-tengah makannya. Maka ia dianjurkan mengucapkan bismillaah awwalahu wa aakhirohu. 

Sementara itu, dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah SAW bersabda: “apabila salah seorang diantara  kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaknya ia mengucapkan Bismillaah awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)” 

Manfaat membaca doa sebelum makan

Seperti yang telah disebutkan di awal, bahwa dengan membaca doa sebelum makan akan menghindarkan kita dari gangguan setan. Karena pada saat kita makan, setan juga ikut memakan makanan kita. Dengan membaca doa sebelum makan, maka setan tidak berani ikut makan Bersama kita. Manfaatnya adalah makanan yang kita makan akan terasa lebih nikmat. 

Terdapat Riwayat hadits yang menjelaskan tentang setan yang ikut makan Bersama manusia jika tidak didahului membaca doa sebelum makan. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, ketika Rasulullah SAW sedang duduk, beliau melihat seseorang sedang makan tanpa menyebut nama Allah hingga makanannya hanya tinggal satu suapan saja. Namun Ketika ia mengangkatnya ke mulut, ia baru membaca Bismillaah awwalahu wa akhirahu. Rasulullah tersenyum lalu bersabda “setan selalu ikut makan bersamanya (manusia). Dan saat dia menyebut nama Allah, setan langsung memuntahkan makanan yang ada di perutnya” 

Itulah doa ketika lupa baca doa makan, tetapi sangat diutamakan untuk selalu membaca doa sebelum dan sesudah makan ya agar dapat pahala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper