Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Doa Sesudah Makan dan Artinya Sesuai dengan Ajaran Rasulullah

Simak doa sesudah makan, agar mendapatkan keberkahan atas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT. 
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 13 Agustus 2022  |  10:27 WIB
Doa Sesudah Makan dan Artinya Sesuai dengan Ajaran Rasulullah
Ilustrasi sekelompok anak-anak sedang berdoa, usai makan - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bacaan doa sesudah makan perlu diketahui oleh setiap Muslim. Sebab, semua umat Muslim sangat dianjurkan membaca doa agar apa yang  dimakan tidak sia-sia dan menjadi berkah. Makan dan minum pun merupakan kebutuhan pokok manusia untuk beribadah dan beraktivitas. Selain agar tubuh kuat dan sehat, makan juga sebagai sarana untuk beribadah kepada Allah. Karena itu, sebelum makan dianjurkan untuk membaca doa. 

Dengan berdoa, umat Muslim diharapkan mendapatkan keberkahan atas apa yang dimakan dan terhindar dari apa yang membahayakan di akhirat. Selain itu, berdoa sebelum dan sesudah makan merupakan bentuk syukur manusia kepada Allah SWT. 

Berikut doa sesudah makan yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Alhamdulillah hilladzi ath amanaa wa saqoona wa ja’alanaa minal mislimiin

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minum untuk kami serta menjadikan kami termasuk dari kaum muslimin” 

Adab makan dalam Islam:

1. Mengkonsumsi yang halal

Apabila umat islam mengkonsumsi sesuatu yang haram, akan banyak sekali mudharat yang didapatkan. Untuk itu, diwajibkan bagi seorang muslimin mengonsumsi makanan dan minuman yang halal baik dari bahan baku hingga proses pengolahannya. Kewajiban ini terdapat dalam firman Allah, yang artinya: 

“Dan makanlah makanan yang halal baik dari apa yang Allah telah direzekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya” (QS. Al-Maidah: 88)

2. Mencuci kedua tangan

Penting untuk mencuci kedua tangan sebelum makan agar terhindar dari penyakit terutama di masa pandemic seperti sekarang ini. Kebiasaan baik ini juga telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW yang sudah ditulis dalam sebuah hadits: 

“Rasulullah SAW jika beliau ingin makan atau minum beliau mencuci kedua tangannya, baru setelah itu beliau makan atau minum” (HR. Abu Daudi)

3. Makan menggunakan tangan kanan

Rasulullah SAW sangat menganjurkan untuk makan menggunakan tangan kanan (bagi yang mampu). Adab tersebut perlu dilakukan agar tidak meniru perilaku setan yang sering kali menggunakan tangan kiri. 

4. Tidak mencela makanan

Meskipun makanan dan minuman yang dihidangkan seseorang tidak disukai, kamu dilarang untuk mencelanya. Sampaikanlah kepada orang tersebut yang menghidangkan dengan alasan yang baik dan tidak menyinggung. 

5. Berdoa sebelum makan

Sebelum makan, berdoalah sebagai bentuk syukur atas berkah berupa makanan yang diberikan oleh Allah SWT. Doa juga bentuk permohonan agar dimudahkan rezeki yang baru, dan agar terhindar dari siksa dosa. 

Itulah doa sesudah makan, jangan lupa untuk selalu membaca doanya agar mendapatkan keberkahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa kumpulan doa
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top