Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa Sebelum Makan yang Diajarkan oleh Rasulullah SAW

Doa sebelum makan yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Ilustrasi Doa sebelum makan
Ilustrasi Doa sebelum makan

Bisnis.com, JAKARTA - Umat Islam sangat dianjurkan untuk selalu membaca doa sebelum melakukan kegiatan. Termasuk membaca doa. Baik itu doa sebelum tidur, doa sebelum makan, doa bangun tidur hingga doa keluar rumah. Karena, dalam ajaran agama Islam, sudah diatur sedemikian rupa bacaan doa dalam segala aspek kehidupan. Saking dianjurkannya, kumpulan doa sehari-hari biasanya sudah diajarkan sejak kecil. 

Kebaikan baik yang dilakukan sejak kecil akan menjadi kebiasaan yang terus menerus dilakukan hingga dewasa. Salah satu yang bisa dilakukan adalah kebiasaan dan pola makan yang baik dan juga jangan lupa untuk mengajarkan doa sebelum makan dan sesudah makan. 

Aktivitas makan adalah hal yang akan terus dilakukan. Sebab, makanan akan menjadi sumber energi dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bukan hanya perlu memperhatikan apa yang akan dimakan, kamu juga perlu mengajarkan adab makan sejak kecil. 

Ada beberapa adab yang harus diperhatikan Ketika hendak makanan makanan, misalnya: 

a. Mencuci kedua tangan. 
b. Membaca bismillah. 
c. Membaca doa sebelum makan. 
d. Makan dengan sopan. 
e. Tidak berbicara saat mulut penuh. 
f. Membaca doa setelah selesai. 

Selain itu, doa sebelum makan dan setelahnya juga akan menjadi tambahan pahala yang diberikan karena telah mengikuti sunnah nabi SAW. Ada beberapa hal tentang makan menurut islam dan juga penelitian yang harus kamu tahu. 

Makan menurut sunnah

Agama islam memperhatikan kehidupan umatnya hingga hal-hal kecil, misalnya tentang makan. Sebab, makan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Ini juga akan mempengaruhi manusia saat melakukan ibadah dan hal-hal baik lainnya. 

Sehat atau sakitnya seseorang salah satunya bisa ditentukan dari apa yang dimakan. Sebab, makan yang cukup bergizi akan berpengaruh positif pada kemampuan fisik dan mental, sedangkan makanan yang kurang bergizi akan membuat fisik dan mental menjadi lemah. 

Makanan juga akan menentukan apakah jiwa seseorang akan tenang dan gelisah. Nabi Muhammad SAW menjelaskan “sesungguhnya, hati itu akan merasa tenang terhadap yang halal dan tidak akan tenang terhadap yang haram” (HR thabrani). 

Hadits ini menunjukkan tentang makanan yang halal dan haram. Nantinya, apa yang diberikan untuk anggota keluarga akan membentuk karakternya juga. Meskipun terkesan sepele, makanan memiliki andil yang besar dalam kehidupan fisik, sikap, mental dan juga kepribadian. Fakta ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa makanan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap tubuh, jiwa, emosi dan akal. 

Doa sebelum makan dan Artinya:

Alahumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa banner

“Ya Allah, berkahilah untukku dalam sesuatu yang Engkau rezekikan kepadaku, dan peliharalah aku dari siksa neraka” (HR Ibnu Sunni)

Itulah doa sebelum makan yang bisa kamu terapkan jika mau makan, agar mendapatkan keberkahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper