Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jerman Tolak Paspor Indonesia, Begini Solusi Ditjen Imigrasi

Ditjen Imigrasi Kemenkumham menjawab keresahan masyarakat yang paspornya ditolak oleh Jerman.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 13 Agustus 2022  |  17:48 WIB
Jerman Tolak Paspor Indonesia, Begini Solusi Ditjen Imigrasi
Warga antre untuk mengurus paspor di kantor Imigrasi Padang, Sumatra Barat, Senin (20/3). - Antara/Iggoy el Fitra
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Ditjen Imigrasi Kemenkumham) akhirnya menjawab keresahan masyarakat yang paspornya ditolak oleh Jerman.

Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, Amran Aris mengungkapkan bahwa masyarakat kini dapat  menerakan tanda tangan pada halaman endorsement paspor.

"Bagi WNI [Warga Negara Indonesia] dengan paspor tanpa kolom tanda tangan dan ingin bepergian ke Jerman dan sekitarnya dapat melakukan endorsement tanda tangan," kata Amran dalam keterangan resminya seperti dikutip pada Sabtu (13/7/2022).

Dia menjelaskan, bahwa pemegang paspor elektronik atau nonelektronik yang ingin  mengajukan tanda tangan dapat segera ke kantor Imigrasi maupun perwakilan RI terdekat tanpa dikenakan biaya apapun.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Dirlantaskim Nomor IMI.2.UM.01.01-3.3773 perihal Peneraan Tanda Tangan Pemegang Paspor RI.

"Dalam surat tersebut Kepala Divisi Keimigrasian memerintahkan kepada seluruh Kepala Kantor Imigrasi di wilayah kerjanya untuk mengakomodir permohonan peneraan tanda tangan pemegang paspor RI bagi pemegang paspor tanpa kolom tanda tangan pada halaman pengesahan [endorsement] oleh Kepala Kantor/pejabat imigrasi," jelas Arman.

Sejak tahun 2019, berdasarkan Kepmenkumham Nomor M.HH-01.GR.01.03.01.3059 Tahun 2019 tentang Spesifikasi Teknis Pengamanan Khusus Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor, Direktorat Jenderal Imigrasi telah menerbitkan paspor elektronik dan nonelektronik tanpa kolom tanda tangan dengan pertimbangan efisiensi.

Ditjen Imigrasi menyebut, bahwa pihaknya telah mendaftarkan paspor Indonesia ke dalam ICAO-PKD.

Pihak Ditjen Imigrasi juga mengklaim bahwa paspor Indonesia telah diakui dan keabsahannya telah dikenali secara luas di seluruh negara di dunia.

Ditjen Imigrasi bersama Kementerian Luar Negeri nantinya akan menyerahkan nota diplomatik dan spesimen dokumen paspor selama lima tahun terakhir ke Kedutaan Jerman di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

paspor jerman Ditjen Imigrasi
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top