Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sudah Mulai Dilakukan, Ini Kelompok Prioritas yang Dapat Vaksin Booster Kedua

Berikut daftar prioritas penerima vaksin booster dosis kedua yang akan segera diberikan pada tahun ini.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 01 Agustus 2022  |  13:00 WIB
Sudah Mulai Dilakukan, Ini Kelompok Prioritas yang Dapat Vaksin Booster Kedua
Tenaga kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga calon penerima vaksin COVID-19 dosis ketiga saat vaksinasi COVID-19 penguat (booster) di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Jakarta, Rabu (12/1/2022). Pemerintah memulai program vaksinasi COVID-19 penguat secara gratis kepada masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas dengan kelompok prioritas penerima vaksin adalah orang lanjut usia (lansia) dan penderita imunodefisiensi (melemahnya sistem imun). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar - wsj.
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Pemberian vaksin booster dosis kedua atau vaksinasi dosis keempat mulai dilakukan pada Jumat (29/7/2022) lalu.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 keempat ini akan diberikan untuk pekerja di sektor kesehatan terlebih dahulu.

Setidaknya ada 4 juta nakes yang akan menerima vaksin dosis keempat ini. Nakes tersebut pun masuk ke dalam golongan yang imunitasnya sudah menurun.

Kemudian vaksin juga diberikan secara umum ke masyarakat, khususnya untuk yang memiliki komorbid. Golongan lain yang menjadi prioritas yakni lansia.

Pemberian vaksin booster dosis kedua untuk golongan masyarakat umum akan dimulai pada tahun ini. 

Jenis vaksin

Dalam Surat Edaran (SE) Kemenkes Nomor SR.02.06/C/3632/2022 mengenai Regimen Vaksinasi COVID-19 Dosis Lanjutan Kedua (Booster Ke-2) Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDM Kesehatan), berikut jenis dan dosis vaksin booster Covid-19 kedua:

1. Booster pertama vaksin Sinovac

Bagi masyarakat yang mendapat booster pertama Sinovac maka pilihan jenis vaksin booster kedua yang digunakan yakni: Astra Zeneca separuh dosis (half dose) atau 0,25 ml Pfizer separuh dosis (half dose) atau 0,15 ml Moderna dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml Sinopharm dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml Sinovac dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml 2.

2. Booster pertama AstraZeneca

Pilihan jenis vaksin booster kedua yang digunakan untuk penerima booster pertama AZ yakni Moderna separuh dosis (half dose) atau 0,25 ml Pfizer: separuh dosis (half dose) atau 0,15 ml Astra Zeneca : dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml 3.

3. Pengguna booster pertama Pfizer

Untuk penerima booster Pfizer, pilihan jenis vaksin booster kedua yang dipakai bisa menggunakan Pfizer lagi dengan ketentuan dosis penuh (full dose) atau 0,3 ml. Atau Moderna separuh dosis (half dose) atau 0,25 ml AstraZeneca dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml 4.

4. Pengguna booster pertama Moderna

Penerima booster pertama Moderna akan mendapat vaksin booster kedua Moderna separuh dosis (half dose) atau 0,25 ml 5.

5. Pengguna booster pertama Sinopharm

Yang terakhir, masyarakat yang mendapat booster pertama Sinopharm maka pilihan jenis booster kedua yang digunakan yakni Sinopharm: dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Covid-19 vaksinasi Vaksin Booster Vaksin Booster Covid-19 Covid-19
Editor : Restu Wahyuning Asih
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top