Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gaduh Renovasi Ruangan Megawati CS hingga BRIN Batalkan Proyek

BRIN membatalkan rencana renovasi ruangan Dewan Pengarah BRIN di tengah polemik anggaran rencana proyek tersebut.
Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Tri Handoko./Antara
Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Tri Handoko./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Renovasi ruangan di Gedung Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) batal dilakukan. Perencanaan renovasi ruangan, salah satunya milik Ketua Dewan Pengarah Megawati Soekarnoputri, akan ditinjau kembali.

“Renovasi kami batalkan,” ungkap Kepala BRIN Kepala BRIN Laksana Tri Handoko melalui keterangan resmi, kemarin.

Sekadar informasi, Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) BRIN tengah membuka penawaran tender untuk mengerjakan rekonstruksi ruang kerja di Gedung B.J. Habibie Lantai 2 yang menghabiskan dana hingga Rp6 miliar.

Lebih lanjut, Handoko menyampaikan bahwa renovasi tersebut bertujuan mengubah fungsi ruangan yang ada menjadi ruang rapat dan ruang kerja. Namun, dia mengaku ada hal yang terlewat tidak diketahui secara mendetail, yaitu tentang renovasi ruang Ketua Dewan Pengarah Megawati Soekarnoputri.

Menurutnya, ruang kerja Ketua Dewan Pengarah BRIN sejak awal tidak termasuk dalam rencana renovasi.

“Sejak awal ruangan tersebut tidak ada rencana mengubah ruangan Ketua Dewan Pengarah BRIN. Kebutuhan renovasi hanya untuk wakil, sekretaris, dan anggota dewan pengarah,” imbuh Handoko.

Penataan Ulang

Kepala BRIN menambahkan, penataan ulang atau revitalisasi fungsi ruangan tetap perlu dilakukan, tetapi harus diputuskan berdasarkan beberapa pertimbangan.

Salah satu pertimbangan tersebut adalah perubahan fungsi yang ada saat ini seperti lounge, ruang makan, dan ruang audio (mirip fungsi ruang karaoke) di lantai 2 menjadi ruang rapat besar. 

Pasalnya, lantai 2 gedung tersebut digunakan hanya oleh satu orang yakni Kepala Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi.

“Sejak awal, Ketua Dewan Pengarah BRIN mengimbau untuk mengurangi hampir 40 persen luasan Ruang Kerja eks Kepala BPPT tersebut, yang sangat besar itu, untuk dijadikan Ruang Kerja Dewan Pengarah lainnya,” ujarnya.

Handoko juga menambahkan, efektivitas koordinasi dan komunikasi di antara Dewan Pengarah BRIN adalah alasan utama dilakukan penataan ulang fungsi ruangan di lantai 2. 

Sementara ini, sambungnya, sebagian dewan pengarah bekerja di lantai 23, bahkan sebagian lagi belum punya ruangan. Kemudian, pertimbangan lainnya adalah usia beberapa anggota dewan pengarah yang sudah cukup sepuh.

“Sebut saja Prof. Emil Salim dan Prof. Bambang Kesowo, yang selama ini bekerja di lantai yang sangat tinggi. Untuk itu, ruangan seyogianya dijadikan satu demi efektivitas koordinasi dan komunikasi,” ujar Handoko.

Selain itu ruangan yang dulunya terlalu besar, mewah, berlebihan, akan diubah dan difungsikan menjadi jauh lebih optimal.

Kepala BRIN memastikan penataan ulang atau renovasi ruangan harus selalu mengedepankan pada fungsionalitas dan efisiensi anggaran.

“Ruangan yang ada di lantai 2 nantinya adalah ruang rapat besar dan kecil, ruang kerja dewan pengarah [2 Wakil Ketua, Sekretaris, 6 anggota Dewan Pengarah BRIN]. Ruang kerja Ketua Dewan Pengarah tidak ikut diubah sama sekali, seperti rencana semula” tegasnya.

Awal Polemik 

Wacana renovasi ruangan Megawati Cs ramai diperbincangkan setelah akun Twitter @brin_watch mengunggah tangkapan layar dari situs resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) BRIN. 

Dikutip dari situs tersebut, Minggu (17/7/2022) renovasi ruang kerja Dewan Pengarah akan dilakukan dengan sumber pendanaan yakni APBN 2022. 

Total anggaran tersebut tepatnya yaitu Rp 6.109.000.000 nilai pagu paket dan Rp 6.063.492.327 untuk nilai HPS paket. 

Adapun proyek dengan kode PENG.TEND/085/POKJA/PL.01.03/ 07/2022 telah diumumkan sejak 8 Juli 2022 lalu kepada 400 peserta lelang.

Namun, dalam catatan resmi tersebut tidak disebutkan nama perusahaan apa saja yang mengikuti tender rekonstruksi kantor dewan.

Saat ini tengah berada dalam tahap upload dokumen penawaran tender yang akan diumumkan pemenangnya pada 28 Juli 2022. 

Untuk diketahui, tak hanya ruang kerja Megawati di BRIN yang akan di renovasi. Kantor anggota Dewan Pengarah lainnya pun akan diperbaiki yaitu Wakil Ketua Dewan Pengarah BRIN Sri Mulyani.

Kemudian Wakil Ketua Dewan Pengarah BRIN Suharso Monoarfa, Sekretaris Dewan Pengarah BRIN Sudhamek Agoeng Waspodo Sunyoto.

Serta anggota Dewan Penagrah BRIN lainnya yaitu Emil Salim, I Gede Wenten, Bambang Kesowo, Adi Utarini, Marsuadi Wahyu Kisworo, dan Tri Mumpuni.

Sikap PDIP

Di sisi lain, Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa wancana Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk merenovasi ruang kerja Ketua Dewan Pengarah BRIN, Megawati Soekarnoputri sepenuhnya urusan BRIN.

Hasto menerangkan Megawati yang ia kenal merupakan sosok yang memprioritaskan fungsi organisasi, bukan suasana dan kondisi tempat bekerja. 

"Ketika saya ditugaskan beliau mendesain Sekolah Partai di lenteng Agung, maka Sekolah Partai termasuk ruangan Ibu Mega didesain dengan nyaman dan sederhana. Demikian halnya di kantor DPP PDI Perjuangan," kata Hasto dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (17/7/2022). 

Salah satu yang ia contohkan untuk menggambarkan kesederhanaan "kenyamanan" bagi Mega adalah kursi tamu pada ruangannya di Sekolah Partai PDIP. 

"Dengan desain ternyata Ibu Megawati sangat nyaman," lanjutnya. 

Dari pandangannya, wacana BRIN sepenuhnya adalah urusan organisasi tersebut. Mega sebagai Ketua Dewan Pengarah lebih fokus untuk memberi arahan.

"Ibu Mega dalam kapasitas beliau sebagai Ketua Dewan Pengarah lebih pada memberikan kebijakan pokok atau suatu direction agar seluruh kegiatan riset dan inovasi dapat mendorong peningkatan kedaulatan pol negara dan juga mempercepat Indonesia yang berdikari di bidang ekonomi," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper