Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Minyak Goreng Gratis Mendag Jadi Ajang Kampanye, Netizen Ngamuk!

Pernyataan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan terkait dukungan politik terhadap anaknya saat pembagian minyak goreng gratis memulai polemik.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 11 Juli 2022  |  16:21 WIB
Minyak Goreng Gratis Mendag Jadi Ajang Kampanye, Netizen Ngamuk!
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kedua kanan) berdialog dengan warga yang akan membeli minyak goreng kemasan saat peluncuran minyak goreng kemasan rakyat (MinyaKita) di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (6/7/2022). ANTARA FOTO - Galih Pradipta
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Warganet atau netizen merespons negatif pernyataan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan yang meminta warga memberikan dukungan politik terhadap anaknya saat operasi minyak goreng gratis di Telukbetung, Bandar Lampung.

Dikutip dari video yang beredar luas di Twitter, Senin (11/7/2022) Mendag Zulkifli tengah membagikan minyak goreng 'Minyak Kita' secara gratis dalam acara PAN-SAR Murah di Telukbetung Timur, Bandar Lampung. 

Pernyataannya sontak menuai banyak kritik, salah satunya dari Mantan Sekretaris Menteri BUMN Muhammad Said Didu. Ia tak segan mempertanyakan etika politik Zulhas. 

"Etika politik dan etika pejabat publik diinjak-injak seenaknya," kata Said Didu.

Said Didu menyebut etika Zulhas sudah hancur di depan publi., "Etikanya sudah ancoorr," lanjutnya. 

Netizen lain pun ikut mengomentari tindakan Zulhas yang dinilai tidak etis sebagai pejabat kementerian. Apalagi, ia terhitung baru beberapa bulan menduduki kursi menteri tersebut.

"Ini gimana ya? Beliau Mendag, soal Migor murah adalah salah satu domain dia, tapi dia promo anaknya buat dipilih masyarakat dengan iming-iming Migor gratis," tulis salah satu netizen @AfifFuadS.

Dalam potongan video yang beredar, Ketua Umum PAN itu tampak disambut meriah oleh warga setempat. Adapun kedatangannya diketahui untuk meninjau kondisi harga minyak goreng di pasaran.

Minyak goreng curah yang diperjualbelikan saat itu dengan harga Rp 10.000 untuk 2 liter. Namun, Zulhas meminta warga yang datang untuk membeli tak usah membayar, pasalnya minyak tersebut akan dibayar oleh anaknya.

"Nah, uangnya gak usah diberikan, dikantong aja, dikantongin! 10 ribu yang tanggung Putri tuh Putri (anak Mendag Zulkifli)," terang Zulhas dalam video tersebut.

Tak sampai disana, ia secara terang-terangan meminta warga untuk memilih anaknya pada pemilihan kepala daerah nanti.

"Diterima dari mba Putri, tepuk tangan dong ibu-ibu gratis! Tapi milih Putri ya! Oke? Nah kalau milih Putri ntar tiap 2 bulan ada deh ginian (minyak goreng gratis)," kata Zulhas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

zulkifli hasan Said Didu lampung
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top