Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PKS Terus Upayakan Perubahan Presidential Threshold, Sebelum Tentukan Bacapres

PKS telah menyelesaikan agenda Rapimnas DPP 2022 pada hari ini, Selasa (21/6/2022). Meskipun demikian, PKS belum juga ingin mengumukan kandidat calon yang akan diusungnya pada Pilpres 2024 mendatang. Ketua Bidang Polhukam PKS Al Muzammil Yusuf menyebutkan bahwa pihaknya masih akan memperjuangkan perubahan kuota Presidential Threshold menjadi nol persen sebelum melakukan pengumuman tersebut.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 21 Juni 2022  |  16:51 WIB
PKS Terus Upayakan Perubahan Presidential Threshold, Sebelum Tentukan Bacapres
KS masih upayakan perubahan kuota presidential threshold sebelum menentukan bakal capres - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Bidang Polhukam Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Al Muzammil Yusuf memutuskan bahwa pihaknya akan terus mengupayakan penurunan presidential threshold, sebelum mengumumkan nama bakal capres (bacapres). 

Untuk itu, Muzammil memastikan bahwa PKS akan meminta Mahakamah Konstitusi untuk melakukan pengujian ulang terhadap Pasal 222 dalam UU No.7/2017 tentang Pemilu, yang mensyaratkan presidential threshold sebesar 20 persen untuk dapat mengusung capres dan cawapres. 

Menurutnya, upaya memperjuangkan presidential threshold menjadi 0 persen harus dilakukan agar seluruh partai politik memiliki hak untuk mengusulkan kandidat capres dan cawapres pilihannya.

“Ketetapan itu membatasi alternatif pilihan capres dan cawapres yang akan maju pada Pilpres 2024 mendatang,” kata Muzammil kepada wartawan di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Selasa (21/6/2022). 

Meskipun demikian, PKS telah mempersiapkan rencana jika upaya tersebut tidak membuahkan hasil. Muzzamil menegaskan bahwa partainya akan terus melakukan komunikasi politik kepada sejumlah partai politik, salah satunya Partai NasDem yang akan dilakukan pada esok hari, Rabu (22/6/2022). 

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua Majelis Syura PKS Mohamad Sohibul Iman menyebutkan bahwa PKS akan menyambangi NasDem Tower dan akan disambut secara langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. 

“InsyaAllah kita akan bertemu dengan pimpinan NasDem, nanti disambut oleh Pak Surya pada Rabu siang,” ucap Sohibul kepada wartawan di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pks capres nasdem presidential threshold
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top