Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelarangan Ekspor Nikel Mulai Berbuah Manis, Jokowi Akan Lanjutkan ke Bauksit

Jokowi mengatakan bahwa penyetopan ekspor bahan mentah nikel akan dilanjutkan ke bauksit agar Indonesia bisa menjadi produsen produk jadi berbasis alumunium.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 08 Juni 2022  |  11:45 WIB
Pelarangan Ekspor Nikel Mulai Berbuah Manis, Jokowi Akan Lanjutkan ke Bauksit
Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan dalam kunjungannya ke Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) pada Rabu (8/6/2022). - Istimewa/Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Bisnis.com, SEMARANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa penyetopan ekspor bahan mentah nikel akan dilanjutkan ke penyetopan ekspor bauksit

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu produsen produk berbasis alumunium di dunia.

"Nanti akan dilanjutkan dengan setop ekspor barang mentah bauksit sehingga kita bisa memproduksi barang jadi yang berasal dari alumunium,"katanya saat meninjau pembangunan Industri Baterai Listrik Terintegrasi di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Jawa Tengah, Rabu (8/6/2022).

Berkaca dari penyetopan ekspor bahan mentah nikel, Indonesia sebentar lagi akan memiliki Industri Baterai Listrik Terintegrasi. Investasi yang dilakukan konsorsium LG di Indonesia ini menjadi yang pertama di dunia, yang mampu merambah industri baterai listrik dari hulu hingga ke hilir.

“Dimulai dengan penambangan nikel, smelter, pabrik prekursor, pabrik katoda, kemudian baterai listrik, battery pack, hingga mobil listrik. Masih ditambah lagi dengan industri daur ulang baterai. Dari hulu sampai hilir, end to end, semuanya dikerjakan dalam investasi ini,” ungkap Presiden.

Kepala Negara berharap kerja sama tersebut bisa mewujudkan visi Indonesia sebagai produsen utama produk olahan nikel. Menurutnya, larangan ekspor nikel yang dikeluarkan pemerintah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan visi tersebut.

“Sebagai negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia, Indonesia diharapkan bisa menjadi produsen utama produk-produk barang yang berbasis nikel. Ini keinginan kita sejak lama, kenapa kita stop [ekspor] nikel adalah ke situ,” jelas Presiden.

Sekadar informasi, investasi yang digelontorkan LG pada proyek tersebut mencapai Rp142 Triliun atau sekitar US$9,8 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi ekspor bauksit Nikel Pabrik Baterai
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top