Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Boyamin Jabat Direktur di Perusahaan Milik Terdakwa Kasus Korupsi

Boyamin tercatat sebagai Direktur PT Bumirejo yang merupakan perusahaan milik Bupati Banjarnegara nonaktif Budhi Sarwono.
Boyamin Saiman/Antara
Boyamin Saiman/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menceritakan awal mula dirinya memperoleh jabatan strategis di PT Bumirejo.

Boyamin tercatat sebagai Direktur PT Bumirejo yang merupakan perusahaan milik Bupati Banjarnegara nonaktif Budhi Sarwono. Dia secara formal masuk ke Bumirejo pada 2018. Saat itu, perusaahaan yang berdiri pada 1982 itu memiliki kredit macet di banyak bank.

“Maka diambil alih semuanya oleh orang tuanya [Budhi] karena pemegang saham itu namanya Pak Sugeng Budhiarto [ayah Budhi],” katanya di Gedung KPK usai memberikan keterangan sebagai saksi, Selasa (26/4/2022).

Boyamin menjelaskan bahwa kondisi invalid tersebut terjadi sejak 2014. Dia lalu diminta untuk menjadi direktur untuk mengurusi utang-piutang.

Dia bersedia menjadi direktur karena Budhi sudah tidak mengurusinya. Boyamin kemudian membenahi segala masalah internal.

Selain itu, Boyamin mengaku ditunjuk sebagai direktur untuk mengurusi utang perusahaan di sebuah bank BUMN. Bank tersebut tidak mau berurusan dengan kuasa hukum, melainkan kepada pengurus korporasi.

Honor yang Boyamin terima Rp5 juta per bulan. Nominal tersebut tidak berubah sampai sekarang.

Sementara itu, Boyamin mengaku tidak tahu-menahu terkait kasus perusahaan dengan terjeratnya Budhi sebagai tersangka. Dia hanya fokus pada utang-piutang.

“[Utang Bumirejo] Rp40 miliar di BPD. Di Bank Mandiri itu Rp10 miliar sama Rp7 miliar. Jadi total Rp57 miliar. Bumirejo ada tagihan di PUPT hanya Rp27 miliar,” jelasnya.

Adapun Budhi Sarwono ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pencucian uang. KPK sudah menyita aset senilai Rp10 miliar.

Kasus tersebut merupakan pengembangan perkara dugaan suap dan gratifikasi. Budhi didakwa menerima duit senilai Rp26,1 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper